Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing

Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
info gambar utama

Minat pelajar asing untuk ke Indonesia diperkirakan akan meningkat pesat. Hal ini berkat kebijakan pemerintah terbaru yang akhirnya menerbitkan student visa (visa pelajar). Langkah ini diambil untuk mengakomodir mahasiswa asing yang ingin belajar ke Indonesia dan juga untuk menambah jumlah mahasiswa asing di Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, untuk pertama kalinya, pemerintah menyediakan visa pelajar. Padahal cita-cita pemerintah sejak dulu adalah ingin menjadikan pendidikan tinggi Indonesia berkelas dunia. Selama ini fasilitas visa bagi mahasiswa asing hanya disediakan visa regular. Visa regular ini pun hanya berlaku beberapa bulan lalu setelah itu mahasiswa asing harus dirumitkan dengan birokrasi perpanjangannya kembali.

"Kami sudah bekerjasama dengan Kemenkumham untuk membuat visa khusus mahasiswa ini. Visa ini sudah berlaku sejak akhir tahun kemarin," kata Nasir seperti dikutip dari Okezone.com

Mantan Rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) itu menerangkan, untuk mendukung pembuatan student visa ini, akan dibangun international office (kantor urusan internasional) di setiap perguruan tinggi. Dengan adanya kantor tersebut, maka segala urusan keimigrasian cukup dilakukan di sini tanpa perlu datang ke Kemenkumham.

Nasir menuturkan, dengan adanya visa pelajar ini, maka jumlah mahasiswa asing akan bertambah. Dia mengakui, saat ini jumlah mahasiswa asing di Indonesia masih sangat kecil. Hal ini berbeda dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Selain bisa menambah jumlah mahasiswa asing, maka Indonesia yang memiliki perguruan tinggi yang berkualitas pun akan semakin mudah dikenal di luar negeri.

"Jika visa pelajar ini bisa meningkatkan jumlah mahasiswa asing hingga lima persen, maka itu sudah sangat luar biasa," tandasnya.

Sumber : Okezone.com
Sumber Gambar :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini