Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia

 

Beberapa kota di Indonesia memang menarik dan unik, baik dari budaya yang dimiliki maupun aktifitas pemerintahan yang tak jarang menjadi percontohan bagi banyak kota lainnya.

 

Nah berbicara kota, kita mengenal dengan adanya istilah "Sister City" atau kota kembar. Sister City merupakan sebuah konsep  penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk.

Baca Juga

 

Kerja sama ini terjalin karena adanya kesamaan demografi dan juga masalah-masalah yang dihadapi di masing-masing kota baik antar wilayah, provisi hingga negara.

 

Nah, berikut ini adalah kota-kota di Indonesia yang mempunyai kembaran berdasarkan konsep Sister City :

 

 

(kota Semarang dan kota Brisbane)
(kota Semarang dan kota Brisbane)

1. Kota Semarang dengan kota Brisbane

Semarang, terkenal dengan Kota Lama yang mendapatkan julukan Little Netherland karena banyaknya peninggalan bangunan Belanda di kawasan tersebut. Tapi di lingkup pemerintahan, kota ini tidak menjalin kerjasama sister city dengan Belanda, melainkan dengan delapan kota kembar. 

 

Masing-masing adalah Da Nang, Vietnam; Florida, Amerika Serikat; Kota Melaka, Malaysia; Tegucigalpa, Honduras; Brisbane, Australia; Samarinda, Palangkaraya dan Palu Indonesia.

 

Kerjasama antara Semarang dengan Brisbane telah terjalin lebih dari 20 tahun, dalam beberapa pemberitaan antara Semarang dan Brisbane bahkan telah sepakat untuk mengembangkan kawasan Kota Lama melalui investasi.Hal tersebut diharapkan dapat makin mempererat hubungan di antara kedua kota.

 

Mungkin kawan GNFI sudah pernah datang ke kawasan banjir Kanal Barat di Semarang? Kalau diperhatikan dengan seksama jembatan tersebut cukup mirip dengan jembatan di Brisbane.

 

 

(kota Palembang dan kota Rotterdam)
(kota Palembang dan kota Rotterdam)

2. Kota Palembang dengan kota Rotterdam

Beralih ke Ibukota Sumatera Selatan. Palembang memiliki 13 sister city di berbagai dunia  daiantaranya San Francisco, Vancouver, Busan, Sapporo, Barcelona dan masih banyak lagi termasuk yang paling intens adalah kerjasama dengan kota Rotterdam, Belanda.

 

Kerjasama sister city antara Palembang dan Rotterdam meliputi bidang pendidikan, pembangunan dan beberapa bidang lainnya. Sudah berulang kali pelajar dan mahasiswa antara kedua kota saling bertukar pengalaman hingga melakukan pertukaran pelajar antar kedua kota. 

 

Begitu pula kerjasama dalam bidang pembangunan atau infrastruktur, jadi jangan heran jika beberapa sudut kota Palembang terlihat mirip dengan Rotterdam.

 

 

(kota Surabaya dan kota Kochi)
(kota Surabaya dan kota Kochi)

3. Kota Surabaya dengan kota Kochi

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang telah menjalin kota kembar dengan banyak kota di dunia salah satunya adalah Kota Kochi di Jepang. Kerjasama ini telah dilakukan sejak tahun 1997.

 

Kota Kochi yang merupakan sebuah ibukota Prefektur Kochi yang berada di Pulau Shikoku, bagian selatan Kepulauan Jepang ini, terbilang intens bekerjasama dengan pemkot Surabaya. Hal ini bisa dilihat melalui pelatihan di bidang tata kelola pemerintahan, pertukaran kebudayaan serta kerjasama ekspor impor.

 

 

(kota Jogja dan Kyoto)
(kota Jogja dan Kyoto)

4. Kota Jogja dengan kota Kyoto

Kota Jogja menjalin kerjasama kota kembar dengan kota Kyoto di Jepang. Kerjasama ini bisa terwujud lantaran kedua belah pihak memiliki kesamaan yaitu sama-sama dikenal sebagai kota kuno dan kota kebudayaan.

 

Karena kesamaan itulah kemudian dijalin kerjasama, hal ini semakin diperkokoh dengan terbentuknya League of Historical Cities (LHC), di mana Yogyakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang menjadi anggota dari Liga Kota-Kota Bersejarah atau League of Historical Cities (LHC) yang berpusat di Kyoto, Jepang.

 

 

(kota Malang dan kota Varazdin)
(kota Malang dan kota Varazdin)

5. Kota Malang dengan kota Varazdin

Ada kisah romantis antara Malang dan Varazdin, Kroasia; yang mana keduanya baru saja menyepakati sebagai kota kembar di tahun 2015. Ternyata penetapan kerjasama sebagai sister city antara kedua kota dilatar belakangi kesamaan, berupa banyaknya peninggalan bangunan bersejarah yang masih terpelihara hingga sekarang.

 

Selain karena banyak kesamaan, kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk kota kembar ini juga mencakup banyak bidang. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing kota yang menjalin kerjasama. Kota Varazdin sendiri merupakan sebuah kota seluas 34,22 kilometer persegi di Kroasia bagian utara, berjarak 81 kilometer dari kota Zagreb.


Sumber : anakreguler.com
Gambar utama : kotajogja.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Pejalan Kemana Saja. Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata