Paviliun Indonesia Menjadi yang Terbaik di Berlin

Paviliun Indonesia Menjadi yang Terbaik di Berlin
info gambar utama

Sekali lagi, prestasi wisata Indonesia di kancah internasional diraih. Kali ini lewat bursa pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin di Jerman yang diadakan pada tanggal 9-13 Maret 2016. Wonderful Indonesia terpilih sebagai juara The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania.

"Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan," ujar Menpar Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika itu.

ITB Berlin yang tahun ini mengusung tagline “50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show” adalah ajang pariwisata berkelas yang jadi ranah strategis memasarkan produk wisata di tingkat internasional.

Ada beberapa faktor mengapa Indonesia mampu meninggalkan pesaingnya dan maju sebagai juara untuk kategori ini.

Pertama, booth dan space-nya harus memberi kesan welcome kepada pengunjung. Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar.

Kedua, bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di daur ulang, sehingga tidak menambah beban lingkungan.

"Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu," ujarnya.

Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas. Paviliun Indonesia yang bertemakan kapal Phinisi khas Bugis itu menjadi anjungan paling berwarna dari desain maupun kerajinan dan kesenian yang ditampilkan seperti siluet wajah, kerajinan dari janur kuning dan ada sesi pengajaran kepada pengunjung serta terdapat spa di sudut paviliun yang disiapkan dengan dua terapis yang dilengkapi dengan dua kursi malas.

Selain itu terdapat coffee corner dengan dua barista Indonesia disana. Satu orang yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja. Satu lagi peracik coctail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.

Keempat, pemandu yang berjaga di paviliun dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik karena menguasai bahasa Jerman sehingga hampir tidak pernah ada kesalahpahaman selama pre, on dan post event.

"Semua itu dipersiapkan dengan tidak tanggung-tanggung," kata Menpar Arief Yahya.

Kemenangan ini melengkapi semua travel mart di bulan Februari Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.

Prestasi ini semoga membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia. Semakin dikenalnya Indonesia di dunia internasional semakin banyak pula kesempatan untuk meningkatkan lagi jumlah wisatawan mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan potensi wisata tanah air kita.

Sumber: phinemo.com

lifestyle.liputan6.com

Sumber Gambar: www.uraikan.com


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini