STARBOX dan Percepatan UMKM Indonesia

STARBOX dan Percepatan UMKM Indonesia
info gambar utama

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS), secara resmi meluncurkan sebuah produk solusi yang ditujukan kepada para pelaku UMKM Indonesia. Produk yang diberi nama STARBOX ini merupakan rebranding dari SHOPBOX yang telah diluncurkan pada Desember 2014 lalu.

“Dalam perjalanannya, SHOPBOX cukup mendapat respon positif, terbukti selama setahun telah dinikmati 30.000 UMKM. Pada tahap ini, SHOPBOX masih didominasi oleh produk konektifitas. Lalu dalam perjalanannya, kami menerima banyak masukan dari UMKM yang menginginkan solusi yang lebih integrated. Bukan hanya konektifitas, namun beserta aplikasi-aplikasi yang berbasis mobile,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga menegaskan bahwa STARBOX adalah bukti dukungan penuh TELKOM terhadap pengembangan UMKM yang ada di Indonesia agar siap bersaing di era pasar bebas MEA.

“STARBOX wujud komitmen Telkom untuk senantiasa mendukung pengembangan UMKM Indonesia untuk lebih maju, Modern dan Mandiri. Kami yakin UMKM akan mampu mengambil peluang dan memenangkan persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pemanfaatan ICT,” tambah Awaluddin.

Dengan penambahan akses tersebut, pelaku UMKM semakin mudah mendapatkan akses internet, baik melalui produk High Speed Internet dan wi-fi berbasis jaringan fiber optic maupun akses mobile dari Telkomsel.

“Selanjutnya, kami melakukan repackaging solusi. Jika sebelumnya paket yang ditawarkan hanya BosToko dan membership smartbisnis, kini jauh lebih lengkap. UMKM akan mendapatkan tambahan free membership : blanja.com, akuntingmudah.com, dan diskon khusus membership Jarvis-Store, plus aplikasi-aplikasi start-up binaan Telkom lainnya,” tambahnya.

Dijelaskannya, Renaming dari SHOPBOX menjadi STARBOX karena kata STAR merupakan akronim dari Smart solution for SME, Trusted, Affordable and Reliable.

“Ini adalah salah satu strategi kami dalam menggarap pasar UMKM Indonesia, termasuk bagi start-up atau pelaku bisnis pemula. Dengan STARBOX, kami memberikan solusi lengkap dengan dukungan infrastruktur yang berkualitas tinggi kepada UMKM Indonesia,” tuturnya.


Sumber : aktual.com
Gambar utama : bisnis.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini