Kabar membanggakan. Benar-benar membanggakan. Perusahaan telekomunikasi dengan brand value tertinggi di Asia Tenggara, lagi-lagi dipegang oleh perusahaan Indonesia.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjadi perusahaan telekomunikasi dengan “Brand Value” tertinggi di Asia Tenggara, menurut laporan terbaru Brand Finance, sebuah lembaga konsultan merek internasional. Telkom berada pada posisi tersebut untuk tiga tahun berturut-turut.

Seperti tercantum dalam laporan “Brand Finance Telecoms 500 Indexs” (500 merek perusahaan telekomunikasi sedunia dengan nilai tertinggi), posisi Telkom naik dari posisi ke-50 menjadi ke-48.

Telkom dinyatakan sebagai perusahaan telekomunikasi paling bernilai di Asia Tenggara selama tahun 2015 melampaui Singtel dari Singapura di posisi 51, PLDT dari Filipina di posisi 64 dan Telekom Malaysia (TM) dari Malaysia di posisi 85.

Membanggakan | telkom.co.id
Membanggakan | telkom.co.id

Menurut  Brand Finance nilai merek (brand value) Telkom saat ini mencapai US$ 2,62 miliar. Rating Brand Strength Telkom juga meningkat dari sebelumnya AA+ menjadi AAA- yang berarti Telkom telah berhasil mempertahankan pangsa pasarnya meskipun mengalami banyak tekanan.

Nilai merek antara lain diukur berdasarkan kemampuan sebuah sebuah merek memberikan kontribusi terhadap bisnis maupun para pemegang saham. Telkom sendiri memiliki nilai 80 pada Brand Strength  Index, di atas perusahaan telekomunikasi Malaysia “DIGI”  dan Maxis Malaysia.

Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. 

Caption (Sumber Gambar)Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk memvaluasi sebuah brand melibatkan performansi keuangan sebagai aspek kuantitatif dan rating dari Brand Strength Index (BSI) sebagai aspek kualitatif. Secara kuantitatif, Brand Finance menilai brand value dengan pendekatan royalty relief. 

Analisis meliputi faktor input (investasi di bidang pemasaran), brand equity (nilai goodwill) serta faktor output (dampaknya pada kinerja bisnis). Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. Brand yang dimasukkan di dalam peringkat ini terdiri dari corporate brand dan product brand.

Selamat, PT Telkom Indonesia. Maju terus, perusahaan-perusahaan nasional. 


(sumber indotelko)

 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu