Lupa Sandi?

Berkat Foto ini, Fotografer Medan Juara di Kontes Foto Smithsonian

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Berkat Foto ini, Fotografer Medan Juara di Kontes Foto Smithsonian

Lagi-lagi, karya anak bangsa diakui dunia. Kali ini sebuah foto menakjubkan dari seorang fotografer lepas asal Medan, memenangkan hadiah utama dalam Kontes Foto Tahunan Smithsonian yang ke-13. Foto tersebut menjadi pemenang diantara 46.000 foto lainnya yang dikirimkan dari 168 negara di seluruh dunia.

 

Pria asal medan tersebut bernama Albert Ivan Damanik yang mengirimkan foto dengan judul "Remaining on the Slopes of Mount Sinabung" (yang tersisa di lereng Gunung Sinabung). 

 

Seperti dilansir oleh Smithsonian Mag, Albert menjelaskan foto hasil jepretannya tersebut dengan caption "Material vulkanik terus mengalir dari Gunung Sinabung, seperti yang terlihat di desa Jeraya, Sumatera Utara, Indonesia pada 26 Juni, 2015. Gunung Sinabung sebentar-sebentar mengeluarkan awan pasa dan gas satu minggu setelah petugas mengevakuasi zona bahaya yang berada di tujuh kilometer dari kawah."

 

Albert Ivan Damanik (Foto: damanikalbert / twitter.com)
Albert Ivan Damanik (Foto: damanikalbert / twitter.com)

 

 

Foto karya Albert tersebut terlihat sangat kuat memiliki aksen kengerian awas panas Gunung Sinabung yang telah erupsi sejak dua tahun yang lalu. Dalam foto tersebut, terlihat sebuah pohon berdiri di lereng Gunung Sinabung yang menunggu dihantam oleh awan panas yang mengalir deras. Entah bagaimana nasib pohon tersebut. Sebuah pertanyaan yang terus menjadi misteri dalam foto itu. 

 

Remaining on the Slopes of Mount Sinabung menjadi juara diantara ribuan foto yang dikirimkan ke Smithsonian, sebuah institusi museum terbesar di dunia yang setiap tahunnya mengadakan kontes foto serupa sejak tahun 2003 yang lalu. Berbagai foto menarik telah terpilih menjadi pemenang dalam kategorinya masing-masing. Namun karya Albert tetap menjadi yang paling juara. 

 

Kemenangan Albert menambah panjang daftar fotografer Indonesia yang karyanya diakui dunia. Sebelumnya Ulet Ifansasti pewarta foto untuk Getty Images pada tahun 2014 sempat mendapat nominasi fotografer terbaik dunia.

 

Indonesia bangga dengan prestasi yang diraih Albert, tentu kemenangan ini bisa jadi sebuah penyemangat untuk warga-warga terdampak Gunung Sinabung yang berusaha bangkit. Semoga Sinabung kembali menjadi berkah bagi Berastagi, tanah lumbung padi di Sumatera. 

Sumber : Smithsonian Mag
Sumber Gambar : Albert Ivan Damanik / Smithsonianmag.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie