Teknologi robot saat ini dianggap menjadi salah satu teknologi yang akan mampu mengubah cara kerja dunia di masa depan. Kemajuan teknologi informasi telah mengubah bagaimana robot diciptakan, bila dahulu membuat robot hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Namun saat ini hampir siapapun dapat melakukannya, seperti beberapa siswa SD dari Kampung Robot di Trenggalek ini.

Mereka adalah anak-anak didik SD Islam Mutiara Umat yang berada di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Siswa-siswa kreatif tersebut telah mampu merakit robot sederhana dengan bantuan dari gurunya. 

Anak-anak didik SD Islam Mutiara Umat merakit robot bersama gurunya (foto: GNFI)
Anak-anak didik SD Islam Mutiara Umat merakit robot bersama gurunya (foto: GNFI)

Seperti dirilis oleh Berita Trenggalek, anak-anak tersebut tampak riang mengutak-atik komponen yang digunakan untuk membangun rangka robot. Mereka terlihat tidak kesulitan, bahkan terlihat senang dan membuat mereka antusias. 

"Kami berharap, melalui kegiatan robotik ini nantinya santri-santri kami akan memiliki pola pikir yang dinamis," ujar Rohmad, Ketua Yayasan dari SD Islam Mutiara.

Anak-anak SD Islam Mutiara Umat bersama robotnya (foto: GNFI)
Anak-anak SD Islam Mutiara Umat bersama robotnya (foto: GNFI)

Berkat karya ini, Wakil Bupati Kabupaten Trenggalek M. Nur Arifin pun angkat bicara saat dikunjungi GNFI di pendopo hutan kota Trenggalek dan mengatakan jika pihak pemkab sangat mendukung kreatifitas-kreatifitas warganya. Dukungan tersebut akan diwujudkan dengan membangun semacam pusat-pusat kerja barengan (co-working space) yang dapat digunakan oleh warga Trenggalek untuk berkarya dan berkreatifitas. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu