Lupa Sandi?

Pagoda Termegah dari Tanah Karo

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Pagoda Termegah dari Tanah Karo

Sebelumnya mungkin anda mengenal Myanmar sebagai kota seribu pagoda yang memiliki banyak sekali pagoda indah yang bertebaran di penjuru kotanya.

Pagoda-pagoda yang tersebar di Myanmar tersebut memiiki bentuk serta keindahan yang khas serta menawan hati, tidak hanya sekedar untuk keperluan wisata religi namun lebih dari itu pagoda-pagoda tersebut ternyata dapat menarik banyak wisatawan dari berbagai kalangan ras maupun agama.

Berbicara pagoda, ternyata Indonesia juga memiliki sebuah pagoda berukuran besar dan disebut-sebut sebagai yang terbesar dan termegah di Indonesia. Pagoda tersebut didirikan di salah satu daerah di Tanah Karo yaitu Berastagi , jika anda melihatnya sekilas pasti teringat akan indahnya pagoda-pagoda besar yang ada di Myanmar. Bahkan pagoda yang diberi nama Lumbini ini disebut sebagai yang terbesar ke-3 di dunia di antara bangunan sejenis.

(Pagoda Lumbini/kompas.com)
(Pagoda Lumbini/kompas.com)

Kini pagoda tersebut menjadi salah satu ikon wisata andalan dari Berastagi. Banyak orang yang berbondong-bondong datang menyaksikan kemegahan arsitektur pagoda yang terinspirasi dari gaya etnik Pagoda Shwedagon ini.

Baca Juga

Nama Pagoda Lumbini sendiri diambil dari sebuah tempat yang berlokasi di kaki gunung Himalaya, yang dipercaya sebagai tempat Sidharta Gautama yang kelak menjadi Budha. Jika anda berkunjung ke kawasan pagoda Lumbini di Taman Alam Lumbini, maka sejak pertama datang anda akan disuguhi oleh kemegahan arsitektur bangunan berwarna keemasan, udara sejuk yang menjadi ciri khas Kota Berastagi juga akan menyegarkan pikiran anda.

Berjalan masuk menuju kawasan pagoda anda harus melalui sebuah jalan berupa jembatan atau titian yang dikenal sebagai Titi Lumbini, ketika anda melewati Titi Lumbini banyak sekali lentera yang bertebaran dan bergelantungan yang akan menambah keindahan dari Titi Lumbini tersebut.

(Ruangan dalam Pagoda Lumbini/kompas.com)
(Ruangan dalam Pagoda Lumbini/kompas.com)

Begitu anda melangkahkan kaki ke dalam ruangan pagoda maka sektika pandangan anda akan tertuju pada 4 buah "rupang" Budha yang terpajang di sana dengan hiasan lilin-lilin kecil dibagian depannya, patung tersebut diketahui berasal dari Myanmar langsung dengan bahan pembuatan berupa batu giok asli. Tak berbeda dengan pagoda Shwedagon di Myanmar, di Lumbini juga anda akan menemukan banyak sekali relief-relief yang dibuat dengan indahnya.

Selain berkunjung anda bisa mengabadikan nama anda di lilin raksasa yang berada di dalam Pagoda Lumbini, selain itu anda juga akan menemukan sebuah pohon yang diebut sebagai pohon permohonan, banyak sekali pengunjung yang menuliskan permohonannya untuk kemudian digantung dan dipasangkan di pohon tersebut.

Sumber : ketahui.com
Gambar utama : arumba89.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara