Ekspedisi NKRI yang pada bulan Februari lalu diberangkatkan kini sudah bekerja untuk masyarakat papua. Seperti Tim yang dilakukan oleh Subkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat bidang Pengabdian Masyarakat yang membangun pemasangan pipa air bersih sepanjang 1500 Meter di Distrik Konda Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Kamis, (10/3/16)

Pembangunan air bersih dianggap penting di wilayah Distrik Konda karena lokasi ini kesulitan dalam mengakses air bersih. Hal tersebut terjadi karena distrik yang memiliki dua kampung (Kampung konda dan Kampung Wamargege) tersebut terletak di pesisir pantai. Pembangunan pipa ini diharapkan dapat mengalirkan air bersih untuk sekitar 700 kepala keluarga di distrik tersebut. 

Sebelumnya masalah air bersih di distrik Konda diselesaikan dengan membangun satu bak air dengan volume penampungan sekitar 10 ribu liter, dimana tiga titik mata air terhubung ke dalam bak penampungan ini. Namun jarak dan kondisi saluran air yang kurang baik membuat masyarakat tetap sulit untuk menikmati air bersih. Sistem penampungan dianggap tidak efisien karena masyarakat harus mengangkut air dengan berjalan kaki sekitar 2 sampai tiga kilometer jauhnya.

Relawan Ekspedisi NKRI ikut membangun Pipa Air Sepanjang 1500 meter (Foto: Ekspedisinkri.com)
Relawan Ekspedisi NKRI ikut membangun Pipa Air Sepanjang 1500 meter (Foto: Ekspedisinkri.com)

Seperti dirilis oleh laman resmi Ekspedisi NKRI, Mayor Inf. Effendi M.S Komandan Subkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat mengungkapkan bahwa pembangunan ini merupakan kontribusi dari Tim Ekspedisi NKRI untuk papua, khususnya Sorong Selatan.

“Air bersih merupakan akar rumput kelangsungan hidup seseorang, ini adalah kontribusi nyata Tim Ekspedisi NKRI subkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat dalam membantu program pemerintah untuk masyarakat indonesia yang lebih sehat dan lebih baik, semoga dalam waktu dekat kedua kampung ini bisa menikmati air bersih” ujarnya.

Antusiasme masyarakat Kampung Konda dan Kampung Wamargege sangat luar biasa sekali terhadap kegiatan ini, sehingga tidak ada hambatan yang berarti dalam proses pemasangan pipa.

“Kami senang dan menyambut positif kegiatan yang digagas tim ekspedisi NKRI ini, hadirnya tim ekspedisi bisa mengobati permasalahan kami menikmati air bersih”, ungkap Robert Asaru warga masyarakat Kampung Konda.

Ekspedisi NKRI merupakan program yang dikomandoi oleh Kopassus Republik Indonesia  untuk mendata dan memetakan semua potensi SDA dan SDM, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan pertahanan keamanan nasional. 

Pada tahun 2016 ini tercatat 1200 relawan bergabung untuk berkontribusi di Koridor Papua Barat. Mereka datang dari berbagai macam latar belakang dan profesi, seperti peneliti, akademisi, personel TNI dan Polri. Ribuan anak bangsa tersebut akan bertugas dalam aktifitas Penjelajahan, Pendataan meliputi Kehutanan, Geologi, Flora Fauna, Potensi Bencana, Kehutanan, Sosial Budaya, serta melakukan Pengabdian masyarakat yang akan terbagi dalam 8 Subkorwil dalam rentang waktu mulai Februari lalu sampai dengan 31 Mei nanti.


Sumber : Ekspedisi NKRI
Sumber Gambar Utama : Ekspedisinkri.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu