'Giant Reclining Buddha' Dari Mojokerto, Jawa Timur

'Giant Reclining Buddha' Dari Mojokerto, Jawa Timur
info gambar utama

Selain kaya akan keragaman hayati, suku, budaya dan bahasa, Indonesia juga terdiri agama yang berbeda-beda. Tidak heran banyak sekali daerah yang memiliki tempat-tempat keagamaan yang selain digunakan sebagai tempat beribadah, juga dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Jika sebelumnya ada pagoda megah dari Tanah Karo yang mirip dengan pagoda di Myanmar. Yang satu ini juga tidak kalah megah dari patung Budha terkenal di Thailand, The Reclining Buddha, Wat Pho.

Ya, 'Reclining Budhha' atau juga biasa disebut Sleeping Buddha (Budha Tidur) di Thailand memang sudah sangat terkenal. Banyak sekali wisatawan yang tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi patung tersebut jika pergi ke Thailand. Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh terbang ke negeri Gajah Putih, karena di Indonesia sendiri patung Budha serupa dapat kita jumpai di Jawa Timur, tepatnya di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Patung Buddha Tidur ini berada di komplek Maha Vihara Mojopahit Trowulan. Patung ini dibuat pada tahun 1993, menggunakan bahan beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan bernama YM Viryanadi Maha Tera. Patung yang menggambarkan wafatnya sang Buddha, Siddharta Gautama dalam kondisi tertidur ini memliki panjang mencapai 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, seluruh bagian patung pun memiliki warna kuning keemasan, membuatnya tampak megah. Di bawah bagian patung juga terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Tak jauh dari patung Buddha terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang melambangkan kehidupan sang Buddha dan ajaran Agama Buddha.

Awalnya patung tersebut sebenarnya diperuntukkan bagi komunitas Agama Buddha saja, tapi dalam perkembangannya dijadikan sebagai obyek wisata. Selain Patung Buddha Tidur, di dalam kompleks juga terdapat vihara yang dapat digunakan untuk sembahyang oleh umat Buddha yang sedang berkunjung. Di salah satu sudut kompleks, pengunjung juga dapat menemukan miniatur Candi Borobudur dan patung-patung Buddha berukuran lebih kecil dalam berbagai sikap. Jika berkunjung ke Mojokerto tidak ada salahnya untuk meyambangi Patung Budha Tidur yang pernah dinobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung budha tidur terbesar di Indonesia dan bahkan terbesar nomor 3 di dunia, setelah Thailand dan Nepal ini.


Sumber : berbagai sumber
Sumber Gambar : chockysihombing.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini