Lupa Sandi?

Perusahaan Teknologi dari Indonesia ini Ekspansi ke Negara dengan Ekosistem Startup Terbesar ke-3 Dunia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Perusahaan Teknologi dari Indonesia ini Ekspansi ke Negara dengan Ekosistem Startup Terbesar ke-3 Dunia
Perusahaan Teknologi dari Indonesia ini Ekspansi ke Negara dengan Ekosistem Startup Terbesar ke-3 Dunia

Perusahaan teknologi asal Indonesia yang mengolah data kandungan pembelian, ADSKOM, mengumumkan ekspansi tim dan layanannya ke India, sebuah pasar e-commerce yang sedang berkembang pesat.

Ini merupakan langkah terbesar ADSKOM setelah menerima investasi seri A dari Geniee, Convergence Ventures, dan East Ventures pada Juli 2015.

Dibangun oleh dua Co-Founder asal Indonesia yakni Italo Gani (CEO di Asia Tenggara) dan Daniel Armanto (CTO), ADSKOM juga memiliki tim di Amerika Serikat, Rusia, Singapura, dan India.

"ADSKOM melihat kesempatan luar biasa pada sektor e-commerce India yang sedang berkembang pesat," kata Italo Gani, CEO Asia Tenggara, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, di Jakarta, Kamis.

"India memiliki ukuran pasar yang tepat dan masih berada di periode pertumbuhan. Dari perspektif ini, India adalah negara terbaik sebagai tujuan operasi kami selanjutnya," sambung dia.

Menurut firma riset pemasaran, media, dan perdagangan digital, eMarketer, pasar iklan digital India akan melampaui angka 1 miliar dolar AS atau Rp 13 triliun pada 2016. Iklan display digital mendominasi industri di negara tersebut, mewakili lebih dari 60 persen total pengeluaran iklan digital di India.

Pengguna Internet di India | youtube.com
Pengguna Internet di India | youtube.com



Industri ini pun terus bertumbuh sebesar 20 persen setiap tahunnya, dan transaksi periklanan programmatic akan mengambil lebih dari 65 persen hingga 70 persen pangsa pasar dari seluruh pembelian iklan di India.

ADSKOM yakin siap berekspansi ke India. Perusahaan tersebut berhasil membangun bisnis yang saling menguntungkan dengan sejumlah pemain e-commerce besar di Indonesia sebagai klien dan mitra data, dan omzetnya pun bertumbuh dua kali lipat setiap kuartalnya.

ADSKOM merasa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mereplikasikan sistem bisnisnya ke pasar India. Dengan 50 anggota tim di dalam negeri, ADSKOM Indonesia akan memberikan dukungan untuk aktivitas bisnis di India dan secara paralel mempersiapkan tim lokal di sana.

Ekspansi ADSKOM di India
ADSKOM telah mengangkat Rajeev Saxena sebagai Country Director ADSKOM di New Delhi. Sebelumnya, Rajeev pernah menjabat sebagai Director di firma pembelian media berbasis ilmiah AdzCentral. Rajeev juga pernah bekerja dengan Exponential, sebuah firma ad-network global sebagai General Manager.

"ADSKOM mencari seseorang yang bisa menggabungkan data dan teknologi untuk kepentingan pengiklan. Rajeev memiliki kemampuan dan pengalaman yang kami butuhkan, dan lebih penting lagi, ia merupakan individu yang bisa kami percaya. Sangat menggembirakan bahwa ia juga memiliki visi yang cocok," ujar Italo.

Berdasarkan sebuah laporan dari Asosiasi Perusahaan Software dan Services Nasional India, India merupakan ekosistem startup ketiga terbesar di dunia dengan lebih dari 100 akselerator, 200 angel investor aktif, 150 perusahaan modal ventura, dan lebih dari 4.200 startup yang aktif.

Banyak dari perusahaan tersebut bergerak di industri e-commerce, dan memberikan potensi yang sangat besar bagi ADSKOM untuk mengakuisisi klien.

"Nyatanya, para pemain e-commerce ini akan menjadi the new publishers yang memiliki akses besar terhadap data konsumen, dan ini akan mengubah ranah periklanan digital hari ini," kata Italo.

"Memahami hal ini, ADSKOM melihat kesempatan di India untuk membantu the new publishers untuk mendapatkan revenue melalui iklan digital. Kami tidak melihat adanya pemain lain yang melakukan apa yang kami lakukan, ini membuat kami semakin yakin dengan posisi kami," lanjut dia.

Editor: Ade Marboen

Baca Juga
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas