Jembatan Merah Putih, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur

Jembatan Merah Putih, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur
info gambar utama

Dibukanya Jembatan Merah Putih, pasca diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), membuat masyarakat Kota Ambon kini mempunyai ikon pariwisata baru.

"Keindahan Kota Ambon, khususnya Teluk Ambon akan dapat dinikmati oleh siapa pun yang datang ke sini," ungkap Jokowi.

Selain menjadi ikon pariwisata baru bagi masyarakat kota Ambon, jembatan terpanjang di Indonesia Timur ini juga membuat warga Ambon tak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk menaiki kapal ferry atau memutar jauh jika harus menuju ke sisi Teluk Ambon di seberang.

Jembatan Merah Putih di Ambon dibangun sejak Juli 2011 dan baru selesai pada Maret 2016. Jembatan sepanjang 1.140 meter ini terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter.

Baca Juga : 6 Pelabuhan yang Siap Makmurkan Indonesia Timur

Kedua, jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter, dan ketiga, jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter. Sedangkan tinggi jembatan ini mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut.

Pembangunan jembatan ini memakan dana kurang lebih Rp 772,9 miliar. Dengan terbangunnya Jembatan Merah Putih, akses perjalanan di kawasan Teluk Ambon lebih mudah. Salah satunya dari Bandara Pattimura menuju ke tengah Kota Ambon yang sebelumnya memakan waktu 1 jam, menjadi hanya 10-15 menit saja.

Simak juga video Rencana Pembangunan Infrastruktur 2015-2019 :


Sumber : Detik.com
Gambar utama : pu.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini