6 Bangsa Maritim Terhebat dalam Sejarah, Ada Indonesia

6 Bangsa Maritim Terhebat dalam Sejarah, Ada Indonesia
info gambar utama

Berbagai peradaban dunia silih berganti. Sebagaimana sejarah mencatat, bangsa-bangsa di dunia memiliki keunggulannya masing-masing salah satunya adalah di bidang kemaritiman. Tidak banyak bangsa yang memanfaatkan laut sebagai pusat peradaban seperti dalam aktifitas perniagaan, hubungan diplomasi hingga keperluan pertahanan atau peperangan.

Semua aktifitas tersebut tidak dapat berkembang apabila bangsa maritim itu tidak mengembangkan pengetahuannya tentang navigasi, perkapalan dan sarana pendukung lainnya.

Berikut ini adalah daftar bangsa-bangsa maritim yang dikenal memiliki armada laut yang hebat di dunia.

1. Viking (Skandinavia)

Kapal Naga Viking (Foto: Amazon.com)
info gambar

Bangsa ini tercatat menguasai wilayah eropa utara pada abad ke-8 hingga ke-11 masehi. Mereka umumnya adalah pelaut yang terbiasa dengan suhu-suhu ekstrim dingin. Melintasi lautan untuk berdagang dan merompak kapal-kapal asing yang melintas di Skandinavia. Viking dikenal sebagai pelaut hebat yang terkenal dengan kapal naganya ini dikenal sebagai ahli navigasi yang ulung dengan memanfaatkan rasi bintang.

2. Tiongkok

Kapal Junk (Foto: Zastavski.com)
info gambar

Meski bangsa Tiongkok memiliki wilayah daratan yang luas, di masa lalu bangsa Tiongkok pesisi juga telah dikenal sebagai penjelajah yang hebat. Tidak hanya menguasai jalur sutera di daerah asia selatan namun bangsa ini juga menguasai wilayah laut cina selatan. Hal tersebut terbukti dengan kebanyakan pelabuhan Asia timur, dahulu dikuasai oleh bangsa Tiongkok.

Menariknya, produk-produk asli Tiongkok seperti porselain dan obat-obatan banyak yang ditemukan di Nusantara berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Beberapa kisah juga menjelaskan bahwa pelaut Tiongkok sering berdagang dengan masyarakat Asia Tenggara, salah satunya adalah Cheng Ho yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

3. Hispanik (Spanyol dan Portugis)

Kapal Galleon Spanyol (Foto: Amazon.com)
info gambar

Bangsa hispanik merupakan bangsa yang berada di Tanjung Iberia. Keduanya pada awalnya bukan merupakan bangsa maritim. Namun sejak Era penemuan (Age of Discovery) banyak diantara pelaut-pelaut hispanik yang telah berkeliling dunia via laut dan memetakannya. Hal ini tidak lepas dari peran serta kerjaan-kerajaan yang saat itu mau mendukung dan membiayai ekspedisi penjelajahan dunia. Beberapa nama penting juga dicatatkan sejarah sebagai tokoh penjelajah laut seperti Marcopolo, Frederich Magellan, dan sebagainya.

4. Dutch (Belanda)

Kapal Frigate Belanda (Foto: The-ans.com)
info gambar

Bangsa Dutch dikenal sebagai bangsa yang memulai kapitalisme semenjak Era penemuan yang mulai oleh Spanyol dan Portugis. Mereka menjelajah dunia untuk mencari lokasi-lokasi yang dapat dikuasai dan tidak hanya untuk mencari kekayaan. Indonesia adalah salah satu bangsa yang dikuasai saat kemampuan maritim Belanda sedang jaya-jayanya.

5. Britania

Caption (Sumber Gambar)
info gambar

Bangsa Britania juga mengikuti jejak Dutch untuk mencari sumber alam yang sebanyak-banyaknya dengan konsep yang sama yakni menciptakan wilayah-wilayah kekuasaan di berbagai tempat. Wilayah-wilayah tersebut dijelajahi dengan melewati jalur laut. Hingga kemudian lokasi kekuasaan tersebut dijadikan dari Kerajaan Inggris dan menjadi negeri persemakmuran. Amerika Serikat adalah salah satu hasil upaya ekspansi dari bangsa Britania di abad ke 16.

6. Indonesia

Kapal Phinisi khas Makassar (Foto: Tourismalternative)
info gambar

Asia Tenggara khususnya Indonesia sejak dahulu menjadi tujuan dari negara-negara barat untuk menemukan harta karun. Tidak hanya hasil alam namun juga hasil laut. Secara geografis Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari gugusan-gugusan pulau yang sangat bergantung pada kemajuan peradaban maritim. Tidak hanya untuk perekonomian tetapi juga untuk ekspansi wilayah.

Tercatat di Indonesia terdapat beberapa kerajaan yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki nenek moyang yang dekat dengan laut yaitu Sriwijaya yang berada di Sumatera, kemudian Majapahit yang berada di Jawa, Gowa Tallo yang berada di Sulawesi, dan Ternate Tidore di Maluku. Namun masa-masa kejayaan maritim Indonesia dibawah bangsa-bangsa kecil tersebut luntur ketika bangsa barat banyak datang ke Indonesia.

Hanya saja, karena Indonesia dipandang sebagai bangsa yang memiliki darah pelaut, banyak teknologi dan pengetahuan tentang kelautan yang dianggap lebih unggul dari bangsa lain. Bila dahulu bangsa ini mampu untuk menunjukkan kejayaan melalui peradaban laut, bukan tidak mungkin bila peradaban laut tersebut dapat kembali membawa Indonesia berjaya di masa yang mendatang.

Sumber :
Sumber Gambar Utama : Kridewaruci.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini