Seiring bertambahnya usia, kemampuan dan fungsi tubuh seseorang menjadi menurun. dalam dunia kedokteran, ilmu untuk mencegah dan mempelajari proses-proses penuaan termasuk penyakit yang ditimbulkan beserta pengobatannya dikenal dengan anti-aging medicine. Mungkin banyak yang mengira anti-aging hanya sekedar kecantikan wajah, tapi lebih dari itu yakni meliputi kemampuan fisik secara menyeluruh.

Dengan perkembangan teknologi dan ilmu kesehatan yang semakin pesat, inovasi dan penelitian pun terus dibutuhkan untuk menjawab tantangan kedepan. Melihat kebutuhan ini, Indonesia ternyata tidak hanya akan menjadi penonton, karena pada pertengahan tahun ini Indonesia akan menjadi pusat anti-aging dunia.

Hal ini dipastikan saat Dr. Deby Vinski selaku Presiden WOCPM (World Council of Preventive Medicine) melakukan pertemuan dengan Penasehat WOCPM yang juga wakil presiden Indonesia, Dr. Jusuf Kalla, pada tanggal 27 Maret lalu di London, Inggris. Dalam pertemuan tersebut, Deby menyampaikan laporan silabus persiapan master program Universitas di Barcelona yang bekerja sama dengan beberapa universitas dunia dan Indonesia. Diantaranya pakar dari Universitas Hasanuddin.


"Melihat kemajuan teknologi dan globalisasi yang tak dapat dihindari, kerjasama tingkat dunia oleh para ilmuwan sangat dibutuhkan. Dengan mendapat dukungan dari Bapak Jusuf Kalla, tentu  sangatlah membantu kemajuan teknologi untuk anti-aging tingkat dunia," kata Dr. Deby.

Kerjasama dengan beberapa pakar dari berbagai dunia juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih luas mengenai anti-aging, serta bisa menularkan semangat positif bagi masyarakat. "Terlebih lagi bisa membawa harum nama bangsa, sekaligus menjadi kebanggaan Indonesia di dunia internasional," lanjut perempuan lulusan Master of Preventive Medicine itu.

Nantinya akan dibangun gedung Vinski Tower sebagai pusat pengembangan dan riset stemcell,  baik untuk stroke, diabetes melitus tipe 1 maupun tipe 2 dan penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya. Di lokasi yang sama juga akan bernaung kantor sektretariat WOCPM atau yang lebih dikenal sebagai Badan Akreditasi Anti-Aging Dunia.

Nantinya Vinski Tower akan dilengkapi dengan peralatan canggih dan berada dibawah pengawasan Badan Akreditasi Anti-Aging dunia. Semua layanan terintegrasi langsung dengan para ahli internasional terkemuka. Adapun layanan yang diberikan diantaranya terapi hormon anti-aging juga tes genetik yang hanya perlu dilakukan sekali seumur hidup untuk mendeteksi dan mencegah penyakit degeneratif.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut baik hal tersebut. Menurutnya melalui riset-riset yang dilakukan, hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kampanye paradigma kesehatan preventif di masyarakat dan dapat menjadikan Indonesia sebagai medical tourism dunia.


Sumber: www.republika.co.id

Sumber Gambar: google

 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu