MangoSTAR, Kembangkan UKM Indonesia Lewat Satelit

MangoSTAR, Kembangkan UKM Indonesia Lewat Satelit
info gambar utama

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) makin serius untuk menggarap segmen UKM. Keseriusan tersebut diwujudkan dengan peluncuran layanan terbarunya ‘MangoSTAR’ yaitu sebuah layanan yang akan memudahkan para UKM dimana pun untuk dapat menikmati akses internet. Dengan hadirnya MangoSTAR, Telkom semakin optimis mampu memangkas kesenjangan digital di tanah air, serta mendukung pencapaian 3 Juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016.

Menurut Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin dalam acara Peluncuran Layanan MangoSTAR di Jakarta, MangoSTAR merupakan solusi akses Internet berbasis Teknologi Satelit atau yang dikenal dengan nama Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang dikemas lebih menarik dan sangat cocok untuk UKM di daerah yang kesulitan dalam penarikan akses jaringan fisik (tembaga atau Fiber Optic).

“MangoSTAR ini salah satu wujud dari janji Telkom untuk menghadirkan akses telekomunikasi ke seluruh Indonesia tanpa memandang lokasi. Bahkan, MangoSTAR merupakan satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan Download up to 2 Mbps dan Upload 0.5 Mbps,” tambah Awaluddin.

Salah satu hambatan di area remote adalah susahnya membangun jaringan maka untuk kebutuhan teknologi penyediaan akses internet mengandalkan VSAT. Saat ini MetraSat sebagai anak perusahaan Telkom mengelola VSAT dengan koneksi yang bisa langsung ke satelit.

MangoSTAR hadir dengan berbagai paket dan biaya bulanan yang terjangkau. Telkom juga menyediakan berbagai kemudahan top-up melalui www.blanja.com untuk penambahan kuota akses internet.

Keuntungan lain yang didapatkan bagi pelanggan MangoSTAR adalah pelanggan dapat langsung menikmati layanan televisi free to air tanpa mengurangi kuota bandwidth. Dan yang terpenting adalah UKM dapat langsung menikmati free membership www.smartbisnis.co.id , free membership www.jarvis-store.com serta diskon 25% abonemen bagi yang melakukan upgrade serta free membership untuk user seller www.blanja.com.

“MangoSTAR benar-benar layanan yang sangat inovatif. Layanan VSAT yang biasanya dipasarkan secara wholesale, kini dipasarkan khusus secara retail untuk UKM Indonesia,” terang Awaluddin.

Awaluddin menambahkan peluncuran MangoSTAR adalah bagian dari strategi 3C. Yaitu, Connectivity guna memenuhi ketersediaan akses internet kepada UKM; Content yang mana UKM dapat langsung memanfaatkan berbagai konten di www.smartbisnis.co.id serta Commerce dimana UKM dapat langsung memasarkan produknya melalui www.blanja.com .

Hingga akhir tahun, Telkom menargetkan mampu melayani 5.000 pelanggan. Dalam tempo 2 minggu sebelum peluncuran, Telkom mulai menerima banyak permintaan dari berbaga lokasi, seperti Jambi, Mentawai, dan Kalimantan.

“Kondisi geografi Indonesia menjadikan Telkom harus menguasai semua teknologi untuk akses telekomunikasi. Hadirnya Layanan MangoSTAR bagi UKM ini diharapkan akan mendukung pencapaian 3 Juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016 sekaligus wujud Bakti Telkom untuk negeri ,” pungkas Awaluddin.



Sumber : www.telkom.co.id
Sumber Gambar : unisci24.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini