Inilah Olahan Apel Tak Biasa Dari Surabaya

Inilah Olahan Apel Tak Biasa Dari Surabaya
info gambar utama

Meskipun bukan menjadi buah asli di negeri ini, apel adalah salah satu buah yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Banyak sekali hasil olahan apel yang sudah beredar luas di sekitar kita seperti keripik, minuman berupa sari buah, dodol dan lain – lain.

Sadar akan manfaat apel yang begitu berlimpah, di Surabaya ada tiga mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS) yang mengolahnya menjadi olahan tak biasa.

Mereka mengolah apel menjadi produk herbal seperti masker, krim pelembap, dan obat penurun kadar kolesterol.

Salah satu mahasiswa tersebut ialah Florentina Yola yang menjadi mahasiswi jurusan farmasi dan menjadikan apel sebagai pelembap alami dalam bentuk krim. Ia mengolah buah dengan cita rasa asam manis itu menjadi produk kosmetik berbahan alami.

”Apel hijau lokal ini mengandung banyak flavonoid. Yakni, dapat mencegah penuaan dini dan melembapkan kulit,” kata Yola.

Cara pembuatannya yaitu dengan menghancurkan apel utuh hingga halus. Kemudian air apel yang telah diekstrak dikentalkan dalam suhu tertentu setidaknya dalam panas kurang dari 50 derajat celcius.

Semua bahan sintetis, termasuk ekstrak apel, dicampur dan diaduk hingga berbentuk krim.

”Krim yang sudah jadi ini lantas diaplikasikan langsung ke kulit,” pungkas Yola.




Sumber : Jawa Pos
Sumber Gambar Sampul : www.freegreatpicture.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini