5 Aplikasi ini Siap Bantu Majukan Petani Negeri

5 Aplikasi ini Siap Bantu Majukan Petani Negeri
info gambar utama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Senin (11/4) meluncurkan lima aplikasi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Kelima aplikasi tersebut membantu petani dalam beberapa hal seperti memantau harga hingga penjualan produk.

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika lima aplikasi yang dihasilkan para startup (perintis teknologi) dalam negeri tersebut merupakan bagian dari Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat .

Lima aplikasi yang diperkenalkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tersebut adalah aplikasi petani yang merupakan layanan informasi terkait solusi permasalahan pertanian, tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta "forum online" dengan sesama petani di seluruh Indonesia.

Kelima aplikasi tersebut adalah Petani, TaniHub, LimaKilo, Pantau Harga, dan Nurbaya Initiative yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Untuk aplikasi Petani memiliki fitur konsultasi gratis yang bisa diakses melalui SMS.

Petani (Play Store)
info gambar

Lalu aplikasi TaniHub berisikan layanan mengenai distribusi hasil pertanian dan perkebunan dari daerah ke kota.

TaniHub (Play Store)
info gambar

Aplikasi LimaKilo memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke konsumen dengan harga kompetitif.

Lima Kilo
info gambar

Kemudian aplikasi Pantau Harga untuk tempat tawar menawar dan melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani. Hal ini memudahkan dalam melakukan interaksi dikarenakan ada basis data harga yang menjadi acuan.

Terakhir aplikasi Nurbaya Initiatives yaitu layanan yang disediakan bagi pelaku ekonomi rakyat baik petani maupun UKM untuk dapat membuat platform penjualan hasil-hasilnya.

Menteri Rudiantara berharap kebeadaan aplikasi tersebut mampu membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani ke konsumen.

"Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah juga mendorong UMKM Indonesia untuk Go Digital," tutupnya.

Sumber :

tekno.tempo.co

Sumber Gambar Utama:

www.deere.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini