Lupa Sandi?

7 Inovasi Pendidikan Indonesia di Era Digital

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
7 Inovasi Pendidikan Indonesia di Era Digital

Perkembangan cepat dunia digital menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang termasuk Pendidikan. Apalagi ditengah posisi Indonesia yang menjadi negara dengan jumlah pengguna internet terbesar se-ASEAN dengan jumlah 93,4 JT atau sama dengan 36% dari total populasi pada tahun 2015, bahkan emarketer menyebutkan pada tahun 2018 pengguna internet di Indonesia akan mencapai 123 juta, jumlah ini mengalahkan Jepang dan membuat Indonesia termasuk dalam Top 5 Dunia.

(Top 25 jumlah pengguna internet di dunia/emarketer)
(Top 25 jumlah pengguna internet di dunia/emarketer)


Sebelumnya inovasi pendidikan dilakukan dengan membuat sistem UN tak lagi menggunakan lembaran kertas melainkan menggunakan sistem online.

Dengan sistem online ini, negara bahkan dapat menghemat anggaran sebesar Rp. 13,6 miliar berdasarkan percobaan UN secara online pada 2015.

Melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna, Telkom Indonesia membuat beberapa inovasi untuk dunia pendidikan Indonesia.

Berikut 7 Inovasi Pendidikan di Era Digital

1. SIAP online Layanan sistem informasi & aplikasi pendidikan online menghubungkan orangtua, siswa, guru, sekolah, dinas daerah dan pusat secara terpadu dan akuntabel untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia.

2. Qbaca : Aplikasi buku dan perpustakaan digital. Untuk dapat selalu membawa semua buku kesayangan berapapun jumlahnya, membaca di mana saja dan kapan saja, tetap dalam kenyamanan dan keakraban membaca buku.

3. QJournal : Solusi untuk memperoleh akses materi akademis berkualitas dunia, sekaligus akses publikasi hasil riset dan wacana akademis Indonesia ke seluruh penjuru dunia

4. English Bean :  Cara baru belajar bahasa inggris yang fun dan interaktif dengan berbasis IT, yang memungkinkan siapa saja belajar bahasa Inggris secara mudah dan di mana saja.

5. UmeetMe : Layanan multimedia conference berupa video yang berkualitas tinggi dan hemat konsumsi bandwidth untuk mendukung program pendidikan jarak jauh.

6. IndiSchool : Pemberian akses internet wifi untuk mengakses konten edukasi bagi komunitas pendidikan di zona edukasi dengan cepat dan murah.

7. Smart Campus Award : Sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework”.

8. IndiLearning, Bagimu Guru Kupersembahkan : Pelatihan TIK bagi berbagai komunitas di Indonesia, dimana salah satunya adalah komunitas guru.


Sumber Gambar Sampul motivatorkreatif.wordpress.com

Label:
digital
Pilih BanggaBangga23%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi40%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Baru. 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Akhyari Hananto3 minggu yang lalu

Kado Terindah untuk Anak Jalanan Jakarta

Indah Gilang Pusparani3 minggu yang lalu

Di Umur 14 Tahun Anak Ini Jadi Mahasiswa ITB!

Agatha Olivia Victoria4 minggu yang lalu

Mahasiswa Asing Bangun Desa di Kediri

Dodik Suwarnosatu bulan yang lalu

Dean Fanggohans Bawa Medali Emas dari Thailand untuk Indonesia

Agatha Olivia Victoriasatu bulan yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie