Lupa Sandi?

Tergelitik dengan Fenomena Demam K-Pop, Artis Ini Ciptakan Lagu Sunda yang Asyik

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
0 Komentar
Tergelitik dengan Fenomena Demam K-Pop, Artis Ini Ciptakan Lagu Sunda yang Asyik

Keinginan agar anak-anak muda sekarang lebih menghargai bahasa daerah asli Indonesia dan banyaknya anak muda yang lebih menyukai musik-musik luar seperti lagu barat atau K-Pop adalah alasan yang membuat musisi Indonesia satu ini meluncurkan lagu berbahasa Sunda yang sangat asyik didengarkan. 

Ia adalah Yura Yunita yang menciptakan satu lagu berbahasa Sunda berjudul Kataji yang kemudian diaransemen dengan nuansa broadway jazz dalam album pertamanya. 


"Aku tergelitik sama fenomena banyak anak muda yang cinta dan suka menyanyikan lagu di luar bahasa Indonesia atau (lebih suka nyanyi) lagu bahasa Inggris. Aku mendengar lagu Korea atau aku melihat anak-anak muda yang happy banget mendengar artis-artis Korea menyanyikan lagu Korea atau lagu Brazil, bahasa latin. Saat ditanya kamu ngerti nggak sih artinya, (dijawab) nggak tapi seru aja, musiknya menyenangkan," ujarnya.

Akhirnya, penyanyi kelahiran 9 Juni 1991 itu membuat sebuah gerakan kecil dengan membuat sebuah lagu berbahasa Sunda tapi juga bisa dinikmati penikmat musik Indonesia. Karena menurutnya bahasa sunda adalah bahasa yang menarik untuk dipelajari.

"Terus aku mikir juga kenapa nggak ya kita buat musik yang menyenangkan, yang juga ada pergerakan positifnya. Menurut aku bahasa Sunda kalau didengar sama orang di luar orang Sunda itu bahasa yang seksi, menarik, buat orang bertanya-tanya bahasa apa dan artinya apa," jelas pelantun Cinta dan Rahasia ini.

Penyanyi asli Bandung itu pun senang ternyata banyak yang suka dengan lagu Kataji dan mulai mempelajari liriknya. Misi Yura untuk melestarikan bahasa Sunda pun berhasil.

"Itu terbukti setelah aku merilis album dan merilis lagu Kataji ini ternyata banyak banget yang suka lagu ini. Katanya lagunya keren banget dengan aransemen yang sangat megah. Aku juga menemukan fenomena di sosial mediaku, mereka sampai niat nyari temannya yang orang sunda nanya ini bahasa apa artinya apa. Jadi ada sedikit misi ku berhasil," tutupnya.

Sumber :  musik.kapanlagi.com 
Sumber Gambar Sampul : www.bintang.com 

Baca Juga
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie