Kisah Musa, Hafiz Muda dari Indonesia yang Membuat Negara Arab Berdecak Kagum

Kisah Musa, Hafiz Muda dari Indonesia yang Membuat Negara Arab Berdecak Kagum
info gambar utama

Musa La Ode Abu Hanafi, hafiz muda asal Bangka, Indonesia ini berhasil menjadi Juara ketiga Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional di Sharm El-Sheikh Mesir yang diselenggarakan pada 10-14 April 2016 kemarin.

Dilansir dari laman kemenag.go.id, Ayahanda Musa, La Ode Abu Hanafi melalui pesan singkatnya kepada Humas Kemenag menjelaskan bahwa musa berangkat ke Mesir pada 9 April lalu untuk mengikuti MHQ Internasional. Keberangkatan Musa karena ditunjuk oleh Kementerian Agama yang mendapatkan undangan dari Kementerian Wakaf Mesir. La Ode Abu Hanafi dan Musa tiba di Kairo pada tanggal 10 April 2016. Musa mengikuti lomba cabang Hifz Al-Quran 30 juz untuk golongan anak-anak dan merupakan peserta paling kecil di antara seluruh peserta lomba yang mayoritas peserta lainnya berusia di atas sepuluh tahun.

Untuk diketahui jumlah peserta MHQ Internasional Sharm El-Sheikh untuk semua cabang mencapai 80 orang yang terdiri dari 60 negara antara lain Mesir, Sudan, Arab Saudi, Kuwait, Maroko, Chad, Aljazair, Mauritania, Yaman, Bahrain, Nigeria, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Australia, Ukraina, dan Indonesia serta negara-negara lainnya. Menurut La Ode, ada tiga cabang lomba pada MQH Internasional di Mesir, yaitu: cabang hafalan 30 juz dewasa beserta tafsir, cabang hafalan 15 juz dewasa beserta tafsir, dan cabang hafalan 30 juz untuk anak-anak. Dalam hal ini, Musa merupakan utusan Indonesia satu-satunya yang berpartisipasi pada perlombaan tersebut.

Usia Musa yang masih muda menjadi daya tarik bagi para jurnalis Kantor Berita MENA (Middle East News Agency) untuk mewancarai Musa dan orang tuanya pada hari pertama kedatangan mereka, sebelum bertanding. Pada keesokan harinya hasil wawancara tersebut sudah dimuat disejumlah media Mesir dengan judul “Indonesia Berpartisipasi pada MTQ Internasional Sharm El-Sheikh dengan Peserta Paling Kecil”.

La Ode menambahkan, proses lomba terbagi dalam dua tahap. Peserta yang lolos tahap pertama akan masuk pada tahap kedua. Musa menjadi salah satu dari 6 peserta lainnya yang mengikuti tes tahap kedua. Peserta lainnya ada yang berasal dari Meuretania, Mesir, dan negara Muslim lainnya.

Baca juga:Pulau di Indonesia Timur ini Menyimpan Quran Tertua di Asia Tenggara

Pada lomba cabang Hifzil Quran, Musa diminta untuk menuntaskan 6 soal dan berhasil dilalui dengan tenang tanpa ada salah maupun lupa. Peserta lain pada cabang yang sama pun mendapatkan porsi yang sama namun berbeda dengan Musa, rata-rata mereka mengalami lupa, bahkan diingatkan dan dibetulkan oleh dewan juri. Lancarnya bacaan dan ketenangan Musa dalam membawakan ayat-ayat Al-Quran yang ditanyakan membuat Ketua Dewan Juri Sheikh Helmy Gamal, Wakil Ketua Persatuan Quraa Mesir dan sejumlah hadirin pun meneteskan air mata.

Dewan juri, para hadirin dan peserta yang menjadi saingan Musa pun dibuat berdecak kagum kepada utusan Indonesia tersebut. Setelah tampil, Musa langsung diserbu oleh oleh para hadirin untuk berfoto dan mencium kepalanya sebagai bentuk takzim sesuai budaya masyarakat Arab. Tak mau ketinggalan, Dewan Juri dan panitia dari Kementerian Wakaf Mesir ikut pula meminta Musa untuk berfoto dengan mereka. Hal itu tidak mereka lakukan terhadap peserta MTQ lainnya. Meskipun karena usianya yang masih muda dan lidahnya yang masih cadel dan belum bisa mengucapkan hurup "R" Musa dinilai telah menjadi juara di hati dewan juri dan para hadirin, meskipun secara tertulis dia hanya memperoleh juara tiga. Hal itu karena menurut Syeikh Helmy Gamal bacaan Al-Quran diatur dengan kaedah dan hukum yang jelas dan tidak bisa dikesampingkan antara lain terkait makharijul huruf.

Musa menerima Penghargaan via kemenag.go.id
info gambar

Pada acara penutupan, Menteri Wakaf Mesir Prof. Dr. Mohamed Mochtar Gomaa memanggil Musa dan Abu Hanafi secara khusus. Pada kesempatan tersebut Menteri Gomaa atas nama Pemerintah Mesir mengundang Musa dan Hanafi pada peringatan Malam Lailatul Qadar yang diadakan pada bulan Ramadan mendatang. Disebutkan bahwa Presiden Mesir akan memberikan penghargaan secara langsung kepada Musa. Pemerintah Mesir akan menanggung biaya tiket dan akomodasi selama mereka berada di Mesir. Menteri Gomaa menyampaikan takjubnya kepada Musa yang berusia paling kecil (7 tahun 10 bulan) dan tidak bisa berbahasa Arab, tapi menghapal Al-Quran dengan sempurna.

Lauti Nia Sutedja, Kordinator Fungsi Pensosbud KBRI Cairo menuturkan, "Delegasi cilik Indonesia, Musa, telah berhasil meningkatkan kecintaan bangsa lain terhadap Indonesia. Banyak peserta yang menyebutnya sebagai mukjizat. Alhamdulillah, staf kami telah berhasil merekam penampilan Musa secara utuh. Dalam waktu dekat akan kita turunkan pada laman resmi KBRI di situs jejaring Facebook dan Youtube agar dapat disaksikan oleh masyarakat di tanah air."

Musa ketika menjawab soal yang diberikan via kemenag.go.id
info gambar

Sementara Meri Binsar Simorangkir, KUAI KBRI Cairo menyatakan bangga bahwa Musa yang masih kecil telah berhasil mengharumkan nama Indonesia melalui Al-Quran. Menurutnya, KBRI Cairo dalam hal ini sangat mendukung upaya Musa dalam meraih prestasinya, karena ia membawa nama Indonesia.

Disadur dari laman KBRI Cairo dan Portal Kemenag RI (16/04/2016)

Sumber gambar sampul : kemenag.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Yufi Eko Firmansyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Yufi Eko Firmansyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini