Kota Indonesia Ini Masuk Daftar Kota "Tangguh" Sedunia

Kota Indonesia Ini Masuk Daftar Kota "Tangguh" Sedunia
info gambar utama

100 Resilient Cities (100RC) merupakan sebuah program yang dipelopori oleh Rockefeller Foundation untuk membantu kota-kota di seluruh dunia agar menjadi kota yang tangguh dalam menghadapi tantangan fisik, sosial dan ekonomi, tidak hanya tantangan yang diakibatkan oleh perubahan iklim.

Keterlibatan Indonesia yang diwakili oleh Semarang menjadi hal yang cukup istimewa pasalnya tercatat ada lebih dari 700 kota yang mengirimkan aplikasi untuk berpartisipasi namun hanya 100 kota yang terpilih.

Seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia yang sedang berkembang, berbagai masalah dan tantangan menghampiri kota Semarang. Beberapa di antaranya adalah rob dan banjir, kekeringan, dan kemacetan lalu lintas.

"Saya akan menambahkan beberapa hal, diantaranya abrasi dan akresi (terjadi di Mangunharjo dan Mangkangwetan, Kecamatan Tugu, daerah sekitar Marina, Trimulyo Genuk), tanah longsor (Bukit Manyaran, Deliksari, sepanjang daerah patahan dari Srondol, Gombel Lama, Bendan, Sekaran Gunung Pati), sampah (baru 65 persen cakupan pelayanan), ruang terbuka hijau (masalah kualitas dan pemerataan), " ungkap pakar lingkungan dan mantan rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, PhD.

Keterlibatan ini diharapkan dapat memberi solusi dan memiliki strategi yang tepat bagi Semarang untuk menghadapi permasalahan-permasalahan di atas.

100RC juga memberi kesempatan bagi Kota Semarang untuk membangun jaringan dengan 99 kota lainnya dari seluruh dunia untuk berbagi informasi, praktis-praktis cerdas, serta kesempatan berkolaborasi dalam pembangunan kota. Kota-kota dalam Jaringan 100RC juga berkesempatan bekerja sama bersama mitra-mitra 100RC, beberapa mitra 100RC antara lain Microsoft, IDB, World Bank, Cities Alliance, RMS, Swiss Re, dan lain-lain.Kerjasama yang dibangun antara kota dengan mitra bisa dalam bentuk pendanaan program atau bisa dalam kerangka studi, perencanaan, dan evaluasi.



Sumber : www.100resilientcities.orgwww.kompasiana.compewarta-indonesia.com
Sumber Gambar Sampul : https://100rcsemarang.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini