7 Propinsi "Raja" Minyak di Indonesia

7 Propinsi "Raja" Minyak di Indonesia
info gambar utama

Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya alam terbesar, baik sumber daya yang bisa diperbarui maupun yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak dan gas alam. Indonesia menduduki peringkat ke-25 negara potensi minyak terbesar dengan cadangan minyak sebesar 4,4 miliar barrel. Dan berada di posisi ke-21 sebagai salah satu penghasil minyak mentah terbesar di dunia yakni sebanyak 1 juta barrel per hari, dan menduduki peringkat ke-2 sebagai pengekspor LNG terbesar yaitu 29,6 bcf.

Berikut ini adalah 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia:

7. Papua Barat

Propinsi ini merupakan daerah terluas di Indonesia, yaitu berkisar 410.660 km2. Karena memiliki wilayah yang luas, maka sumber daya alam yang mereka miliki khusunya minyak bumi bisa dikatakan cukup besar. Papua barat mampu menghasilkan 14.812 barrel per hari, minyak tersebut terdiri dari 8243 barrel minyak mentah dan 6568 barrel kondensat.

6. Sumatera Selatan

Urutan ke 6 ditempati oleh propinsi Sumatera Selatan, blok minyak yang terdapat di Sumsel antara lain Lematang, Ogan Komering, Rimau, South dan Central Sumatera dan Pendopo dan Raja blok. Total jumlah produksi minyak di Sumatera Selatan mencapai 41.057 barrel per hari.

5. Jawa Timur

Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu propinsi terpadat di Indonesia ini memiliki kandungan minyak mentah yang cukup melimpah. Jawa timur memiliki blok minyak yang sering kita dengar yaitu Cepu, propinsi ini mampu menghasilkan 52.290 barel minyak mentah dan 326 barrel kondensat, atau bila di jumlahkan makan totalnya berkisar 52.616 barrel per hari.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan riau merupakan propinsi termuda di Indonesia dan memiliki luas lautan 95% dari total luas propinsi tersebut. Selain itu, propinsi ini juga berbatasan langung dengan negara Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kamboja. Walaupun propinsi ini memiliki luas daratan yang tergolong kecil namun bisa dikategorikan sebagai salah satu propinsi terkaya di Indonesia. Hal tersebut didasari oleh sumber daya alam khususnya minyak bumi yang dimiliki sehingga kegiatan bisnis migas di prosinsi ini terus mengalami peningkatan..

Block offshore yang terdapat pada propinsi Riau kepulauan terdiri dari Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B dan South Natuana Sea Block A. Ketiga block offshore tersebut mampu menghasilkan 65.154 barrel minyak perhari, dengan rincian 62.130 barrel minyak mentah dan 3.024 barrel kondensat. Selainminyak bumi, propinsi ini juga memiliki cadangan gas bumi terbesar di Indonesia.

3. Sektor Laut Jawa

Sumur minyak offshore pada laut Jawa dapat dikategorikan sebagai sumur minyak yang netral atau tidak diklaim oleh propinsi manapun. Block Offshore yang terdapat di jawa timur terbentang dari Sumatera bagian tenggara hingga ke daerah Jawa Barat. Semua block sumur minyak yag terdapat pada laut jawa dapat menghasilkan minyak bumi sebesar 65.157 barrel per hari, dengan perbandingan minyak mentah 62.130 barrel serta 3.024 barrel kondensat.

2. Kalimantan Timur

Propinsi Kalimantan Timur memang dikenal sebagai salah satu propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Bahkan salah satu kota yang terletak di Kalimantan Timur yaitu kota Balikpapan dijuluki sebagai "kota minyak". Terdapat berbagi lokasi pengeboran minyak bumi di propinsi ini, seperti di daerah Sanga-Sanga, Mamburungun, Kutai dan blok Mahakam. Total kapasitas produksi dari semua sumur tersebut mencapai 134.626 barrel per hari, yang terdiri dari 60.331 barrel minyak mentah dan 74.925 barrel kondensat. Selain memiliki kandungan minyak bumi yang cukup melimpah, propinsi Kalimantan Timur juga mempunyai kandungan gas alam yang cukup besar.

1. Propinsi Riau

Urutan pertama sebagai propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia di tempati oleh propinsi Riau, propinsi ini memasok sepertiga dari total produksi harian minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 block minyak bumi di propinsi ini, yaitu Siak block, Rokan, Mountain Front Kuantan, Selat Panjang, Malacca Strait dan Coastal Plains&pekanbaru. Dari seluruh block minyak tersebut, blok Rokan yang merupakan blok terbesar karena memiliki giant field (ladang minyak yang memiliki ukuran besar).

Total produksi minyak bumi dari propinsi Riau mencapai 365.827 barrel perhari yang terdiri dari 359.777 barrel minyak mentah dan 6.050 barrel kondensat. Salah satu kelebihan dari minyak mentah yang di hasilkan dari propinsi Riau yaitu memiliki viskositas yang sangat baik untuk ukuran hidrokarbon sehingga dikategorikan sebagai minyak mentah terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain minyak bumi, propinsi Riau juga mempunyai cadangan gas bumi yang cuku besar.

Demikianlah 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia serta bisnis migas di daerah tersebut.

Sumber : prosesindustri.com
Sumber Gambar Sampul : vibiznews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini