Daffa, Bocah Pemberani dari Semarang Pengusir Pemotor Bandel yang Melintas di Trotoar

Daffa, Bocah Pemberani dari Semarang Pengusir Pemotor Bandel yang Melintas di Trotoar
info gambar utama

Aksi heroik Daffa Farros Oktoviarto (9) menghadang pemotor di trotoar menjadi viral di media sosial. Di balik kisah keberaniannya itu, ternyata Daffa pernah dibentak pemotor hingga berkelahi.

Saat ditemui detikcom di rumahnya, Senin (18/4) di Kelurahan Gisikdrono RT 2 RW 3, Semarang Barat, Daffa bercerita tentang pengalamannya menegakkan hak pejalan kaki itu. Daffa mengatakan aksinya biasa dilakukan sekira pukul 15.00 ketika Jalan Jendral Sudirman Semarang mulai ramai.

Foto: Media Sosial/ istimewa
Foto: Media Sosial/ istimewa


"Ya sekitar jam 15.00, kadang sampai sore sekali. Saya sendirian, kadang dibantu kakak, namanya Enrico," kata Daffa.

Suatu saat, lanjut Daffa, ia pernah dibentak pemotor yang ngotot ingin melintas di trotoar dekat rumahnya itu. Adu mulut pun terjadi antara Daffa dan pemotor bahkan sampai seorang sopir taksi turun dan membantu Daffa.

Membanggakan. Mengharukan! | Tribun Jateng
info gambar



"Pernah dibentak-bentak, dia bilang 'awas minggir, kamu pulang'. Ya aku jawab 'kamu tu yang pulang'. Dia bilang lagi 'aku meh rono (aku mau ke sana)', tak jawab lagi 'kowe to sing mbalik (kamu yang balik), salah sopo lewat trotoar'. Sepedaku malah diturunin dari trotoar, ya tak tarik lagi, motore tak pukul-pukul. Terus ada orang taksi datang bilang ke dia (pemotor) 'bapake yo salah'. Akhirnya dia (pemotor) mundur pelan-pelan sambil tak tendangi motornya," tutur siswa kelas 4 SD Kalibanteng Kidul 01 itu.



Daffa juga pernah sampai ditabrak motor meski tidak keras, namun karena ia gigih, pemotor-pemotor itu mundur kembali ke jalan raya. Setidaknya sudah ada 40 motor yang dihadang Daffa selama sekitar satu bulan ini.

"Sudah beberapa kali (menghadang motor di trotoar). Mungkin sudah 40-an motor, lebih," ujar anak kedua pasangan Yuri dan Dinar itu.

Daffa Farros Oktoviarto , bocah SD yang menghadang laju pengendara motor di trotoar di jalan Sudirman, Kota Semarang | Kompas.com
info gambar



Diketahui aksi Daffa hari Jumat (15/4) lalu ternyata difoto dan direkam oleh penggna jalan dan menyebar di media sosial. Netizen ternyata memuji aksi Daffa dan banyak komentar positif mengalir. Aksi itu terjadi di Jalan Jendral Sudirman yang berjarak hanya 100 meter dari rumahnya.


(Detik.com alg/dra)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini