Telah Dibuka Restoran Wonderful Indonesia Pertama di Dunia, Dimana ya?

Telah Dibuka Restoran Wonderful Indonesia Pertama di Dunia, Dimana ya?
info gambar utama

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia terus berinovasi untuk menggaet wisman dari seluruh dunia. Inovasi terbaru adalah dengan membuka sebuah restoran Wonderful Indonesia di Cina. Langkah ini merupakan upaya untuk memperkenalkan kuliner Indonesia sekaligus sebagai usaha promosi pariwisata Tanah Air.

Seperti dilansir oleh Detik.com restoran yang dibuka di Victory Road No 10, Distrik Yaotai, Kota Hefei, Anhui, Cina tersebut memiliki luas sekitar 400 meter persegi dengan dua koki asal Indonesia dan menawarkan sedikitnya 30 hidangan khas Nusantara. Sate ayam hingga rendang, bisa dinikmati di restoran ini. Namun tentu saja masakan yang ada tetap disesuaikan dengan selera warga lokal.

Selain menyajikan makanan enak, Restoran Wonderful Indonesia juga tampak keren dengan hiasan khas Tanah Air. Ada 8 televisi yang memutar semua materi video Wonderful Indonesia dari sejak restoran buka sampai tutup. Atmosfer adat istiadat Nusantara pun sangat kental terasa begitu masuk ke dalamnya.

Ada manekin berukuran mirip pria dan wanita dewasa yang dipajang di setiap sudut ruangan. Mereka didandani baju adat Bali, suku Padang (Minang Kabau), tradisi Jawa, adat Dayak, dan baju Melayu. Di bagian depan ada kotak-kotak dengan pembatas berbentuk lengkung bergaya Aceh.

Restoran Wonderful Indonesia di Hefei, Cina (Foto: Dok. Kemenpar)
info gambar

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang Sabtu (16/04/2016) lalu menghadiri peresmian restoran terserbut mengatakan bahwa Indonesia memiliki setidaknya 5.300 makanan khas dari 17.000 pulau yang ada, dengan kekayaan kuliner sebanyak itu Indonesia mampu untuk menjadi pusat gastronomi dunia. Berkat kuliner inilah kemudian pariwisata Nusantara dapat terdukung.

"Tren kuliner sebagai penunjang pariwisata semakin meningkat," katanya seperti dikutip dari Kantor Berita ANTARA.

Cina dipilih sebagai lokasi pertama pembukaan restoran Wonderful Indonesia karena negeri tirai bambu tersebut merupakan salah satu pasar wisata potensial bagi Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah melalui Kemenpar menargetkan jumlah wisatawan asal Tiongkok dapat mencapai 2,1 juta wisman untuk tahun ini. Sementara target jumlah turis mancanegara untuk tahun 2016 ditargetkan mencapai 12 juta orang.

"Dan dari jumlah itu sekitar 5,4 juta wisman di antaranya datang untuk menikmati kuliner nusantara," imbuh Arief.

Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik Vinsensius Jemadu sebelumnya mengatakan restoran Indonesia dengan merek Wonderful Indonesia menjadi format baru dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Kami memang mengembangkan format baru dalam mempromosikan Wonderful Indonesia satu di antaranya agar lebih permanen dan familiar, membuka Restoran Wonderful Indonesia di Hefei," katanya serta menambahkan pembukaan restoran itu dilakukan bekerja sama dengan investor lokal.

Jemadu menambahkan bahwa penduduk Hefei yang berjumlah 8 juta orang, merupakan pasar yang cukup potensial untuk produk kuliner Indonesia. Sehingga langkah membuka restoran ini adalah langkah yang cukup efektif untuk melakukan branding sekaligus promosi masakan khas Nusantara.

Jika Restoran Wonderful Indonesia di Hefei sukses memromosikan pariwisata, pemerintah berencana menggandeng lebih banyak investor lokal untuk membuka empat restoran serupa tahun ini di beberapa negara dengan merek yang sama.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Sampul : cheaphotelsme.files.wordpress.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini