Wow, Pria Pontianak Ini Bertekad Daki 50 Gunung Dalam 40 Hari

Wow, Pria Pontianak Ini Bertekad Daki 50 Gunung Dalam 40 Hari
info gambar utama

Mendaki gunung merupakan aktifitas yang sangat menguras ketahanan tubuh, tidak hanya fisik tapi juga mental. Oleh sebab itu mendaki gunung umumnya membutuhkan waktu cukup lama. Tapi tampaknya itu tidak berlaku untuk pria Pontianak yang satu ini yang bertekad untuk mendaki 50 gunung di Indonesia hanya dalam waktu 40 hari dengan cara berlari.

Pria nekad itu bernama Willem Sigar Tasiam (58) seorang pendaki gunung marathon yang akan memulai aksinya dari Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur dan rencananya akan berakhir di Gunung Sibayak Sumatera Utara.

Willem yang merupakan pria kelahiran 22 Februari 1958 di Pontianak, Kalimantan Barat itu telah memulai marathon gunung sejak tahun 2004 yang mendaki 14 gunung dalam 20 hari. Hingga pada dua tahun lalu, Willem berhasil menyelesaikan pendakian ekstrim yang sama dengan rekor 40 gunung dalam 32 hari. Sejak saat itu Willem dikenal sebagai seorang pelopor dalam marathon gunung. Kesempatan kali ini tampaknya dia ingin meningkatkan tantangan ke level yang lebih tinggi.

Willem Sigar Tasiem saat menyelesaikan 40 Gunung dalam 32 Hari tahun 2014 lalu (Foto: Bagusnov / Twitter.com)
info gambar

"Dalam satu hari kemungkinan bisa satu hari bisa tiga gunung kalau mulai dari 00.00 WIB," kata Willem seperti dikutip dari Kompas.com

Melalui pendakian marathon ini, pria yang sempat menjadi guru musik tersebut ingin mengajak penggiat olahraga bisa tertarik dengan kegiatan alam khususnya pendakain gunung. Sebab menurutnya dengan pendakian gunung, mereka bisa mengenal dan beinteraksi dengan masyarakat lokal.

Beberapa gunung yang akan didaki oleh Willem adalah Gunung Kelimutu, Gunung Ijen, Gunung Sindoro, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, dan Gunung Semeru. Perjalanan menuju kaki gunung akan ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil.

Willem mengatakan, untuk mencapai ambisinya tersebut dirinya harus tetap menjaga stamina dengan istirahat yang cukup meskipun harus berpindah pindah lokasi.

"Untuk istirahat saya 3-4 jam. Istirahatnya di mobil saat perjalanan," jelas ujarnya.

Kegiatan pendakian gunung oleh Willem dengan berlari tersebut tergabung dalam ekspedisi Navara "Jelajah Tanpa Batas". General Manager Marketing Strategy and Communication Division at Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan kegiatan "Jelajah Tanpa Batas" adalah kolaborasi antara pembuktian ketangguhan mobil All New Nissan Navara dan pendakian 50 gunung di Indonesia.

"Kita akan mendukung kegiatan ini dari segi transportasi. Kita antar ke titik terjauh sebelum Om Willem mendaki gunung dan juga kita ingin mendokumentasikan kegiatan ini secara keseluruhan 50 gunung dalam 40 hari," kata Budi.

Sumber : Kompas.com
Sumber Gambar Sampul : infopendaki.blogspot.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini