Kementerian ESDM Mencari Anak-Anak Bangsa yang Siap Menjadi Patriot Energi

Kementerian ESDM Mencari Anak-Anak Bangsa yang Siap Menjadi Patriot Energi
info gambar utama

Krisis energi yang melanda daerah-daerah pelosok Indonesia rupanya tidak didiamkan begitu saja oleh pemerintah. Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pemerintah membuat sebuah program untuk mencari insinyur-insinyur muda yang mampu membuat perubahan dan menyelesaikan masalah energi melalui teknologi energi baru terbarukan (EBT).

Seperti dilansir oleh Metrotvnews, Staf Ahli Menteri ESDM Tri Mumpuni Iskandar mengajak engineer muda atau sarjana muda untuk menjadi patriot energi. Patriot energi adalah Program Kementerian ESDM untuk para sarjana dari seluruh universitas di Indonesia untuk membantu pemerintah melistriki daerah-daerah yang merupakan remote area. Kebanyakan daerah tersebut merupakan daerah yang berada di timur Indonesia.

Tri yang terkenal sebagai perempuan yang sangat gencar melakukan blusukan demi menerangi wilayah-wilayah Indonesia yang selama ini belum tersentuh oleh listrik itu menambahkan, patriot energi saat ini sudah masuk angkatan kedua. Sebelumnya yakni pada tahun lalu Kementerian ESDM telah mengirimkan sarjana muda ke-65 desa terpencil di Indonesia. Untuk angkatan kedua, Tri berharap ada 150 sarjana muda yang akan disebarkan untuk melistriki daerah remote seperti Papua.

"Patriot energi kita kirim ke-65 desa. Kita berharap ada 150 lagi yang akan kita deploy untuk daerah-daerah remote seperti Papua," katanya.

Pihak Kementerian ESDM saat itu berhasil menyeleksi sarjana muda yang sesuai dengan kompetensi patriot muda. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh patriot muda yaitu kompetensi teknis, kompetensi daya juang, kompetensi sosial, dan kompetensi keikhlasan. Dari 3.600 calon patriot energi angkatan pertama, Tri menyebutkan hanya 80 yang terpilih.

"Orangnya kita seleksi benar-benar. Anak-anak muda diseleksi dari 3.600 jadi tinggal 80‎, bisa dibayangkan kualitas yang terseleksi seperti apa. Gelombang pertama sudah kita deploy, sekarang pulang, melakukan reorientasi, nanti balik lagi ke desa untuk enam bulan berikutnya," jelas dia.

Baca juga: Indonesia Miliki Potensi Geotermal Terbesar di Dunia


Pada Mei nanti, lanjut Tri, Kementerian ESDM membuka lagi pendaftaran patriot energi angkatan kedua. Ia berharap Presiden Joko Widodo dapat menyaksikan penugasan patriot energi tersebut.

"Nanti batch kedua kita latih di Mei dan diberangkatkan di Juli. Saya berharap Pak Jokowi nanti di Juli bisa bertemu insinyur-insinyur muda yang mau berkorban dan dikirim ke daerah-daerah perbatasan yang medannya sulit sekali," jelasnya.

Partriot Energi merupakan program dari Kementerian ESDM yang diprakarsai oleh Iskandar Budisaroso untuk mencari anak-anak bangsa yang bertekad untuk berkontribusi melalui energi. Tujuannya adalah agar Indonesia berdaulat dalam energi sehingga masyarakat Indonesia sejahtera. Mereka yang terlibat menjadi Partiot Energi memiliki sebutan sebagai Partiot Pemberdaya Energi Tanah Air (PETA).

Untuk Indonesia yang adil dan makmur, Untuk pemuda-pemudi Indonesia yang menyerahkan jiwa raga, pikiran dan hatinya, untuk bersama masyarakat membangun Indonesia.

Selamat berjuang anak-anak bangsa.

Sumber : MetroTv News
Sumber Gambar Sampul :kaskus.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini