Sosoknya sederhana, Bapak Ayi Sutedja pria Sunda asal kaki Gunung Puntang Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung berhasil menorehkan prestasi luar biasa pada ajang Specialty Coffee Association of America Expo 2016 di Atlanta.

Kopi asal Gunung Puntang Kabupaten Bandung hasil budidaya Pak Ayi ini mampu menjadi yang terbaik pada ajang bergengsi Specialty Coffee di Amerika mengalahkan berbagai wakil dari negara-negara penghasil kopi terkenal seperti Brazil, Kolombia dan Vietnam.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Ayi Sutedja yang mengembangkan kopi tersebut. Dikatakan Aher, prestasi itu membuktikan bahwa kopi lokal Jawa Barat memang memiliki keunggulan dibanding kopi lainnya di Nusantara atau bahkan dunia.

"Ini luar biasa, kopi Jawa Barat menjadi juara satu dalam ajang festival kopi bergengsi itu. Bukan hanya juara satu, tetapi juara 1, juara 2, juara 4, juara 6, juara 9, juara 11 dan juara 15. Jadi ada banyak juara yang kita dapatkan," kata Aher saat memberikan apresiasi kepada Ayi di Gedung Negara Pakuan, Bandung.

"Ini buktinya bahwa kopi kita memang unggul dibanding dengan kopi lain di dunia ini. Tinggal bagaimana kita bisa mengembangkan keunggulan ini bisa menjadi komoditi yang bisa diandalkan," tambahnya.


Sumber : disbun jabar , inilahkoran.com
Sumber Gambar Sampul : sonofmountmalang.wordpress.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu