Manfaatkan "Ledakan" Sampah, Cirebon Aliri Gas Ratusan Rumah

Manfaatkan "Ledakan" Sampah, Cirebon Aliri Gas Ratusan Rumah
info gambar utama

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon mulai memanfaatkan gas metana dari sampah yang dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) Kopiluhur, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti. Pemanfaatan akan maksimal selama musim hujan.

Kepala DKP Kota Cirebon Taufan Bharata menjelaskan, sudah 100 rumah penduduk yang berada di dekat TPA Kopiluhur yang sudah terpasang pipa untuk menyalurkan gas metana tersebut. Namun saat ini gas metana baru dimanfaatkan untuk kantor milik DKP yang ada di TPA Kopiluhur. “Karena gas metana yang dihasilkan masih sedikit,” katanya. Namun, jika musim hujan tiba, gas metana yang dihasilkan pun lebih banyak sehingga diharapkan bisa menjadi bahan bakar untuk 100 rumah warga yang ada di sekitar TPA. “Rumah terdekat berjarak sekitar 300 meter dari lokasi TPA Kopiluhur.”

Baca juga : Ikan Seharga "Alphard" dari Indonesia yang Menjadi Incaran Dunia

Dengan pemanfaatan gas metana ini, Taufan berharap ledakan besar akibat sampah yang bertumpuk bisa dihindari. “Jika terus dibiarkan menumpuk, sampah itu sewaktu-waktu bisa saja meledak dan terjadilah kebakaran dan longsor karena gas metana yang tidak dimanfaatkan,” tuturnya. Kebakaran terutama bisa terjadi saat musim kemarau sehingga, saat musim hujan, gas metana yang banyak dihasilkan dari tumpukan sampah pun bisa dimanfaatkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Cirebon Jajang Y.S. mengungkapkan, ada 23 titik yang digali untuk pengambilan gas metana di TPA Argasunya. “Penggalian dilakukan dengan kedalaman 20 meter untuk pengambilan gas metana,” ucapnya. Penggalian sampah, menurut Jajang, tidak semudah menggali tanah biasa. Sebab, sifat sampah mengikat satu sama lain.

Sumber : tempo
Sumber Gambar Sampul : tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini