Kakak beradik pebalap muda Indonesia, Kezia Santoso (18 tahun) dan Keanon Santoso (15 tahun) sedang menjejaki langkah Rio Haryanto yang sebelumnya sudah tampil di Formula 1 (F1) bersama Manor Racing. Kakak beradik ini mengikuti balap mobil single seater F4 South East Asia (SEA) mulai tahun ini bersama tim Meritus.

Sebelumnya Kezia dan Keanon, lebih dikenal sebagai pegokart dengan TKM Racing.

"Perbedaannya mungkin di latihan fisik, utamanya leher. Karena dengan mobil F4 kami harus menahan downforce (tekanan) yang tinggi, berbeda dengan mobil gokart yang lebih ringan," ungkap Kezia.

Kezia dan Keanon/tkmracing.com
Kezia dan Keanon/tkmracing.com

Kezia tak akan mengikuti seluruh seri F4 SEA karena harus lanjutkan sekolah di Belanda. Dia hanya ikut dua seri awal di Malaysia. Sedangkan Keanon akan mengikuti seluruh seri. Keanon mengaku sangat terinspirasi dengan Rio Haryanto dan sangat ingin ikuti jejaknya.

"Kebetulan saya juga dari Solo dan satu pelatih fisik dengan Rio Haryanto. Saya tahu dia begitu berdedikasi dengan kariernya. Mudah-mudahan bisa tembus ke F1 seperti Rio Haryanto, bahkan kalau bisa lebih baik," kata Keanon.

F4 SEA sendiri merupakan jenjang paling bawah sebelum menembus F3,F2/GP2 dan F1. F4 SEA baru digelar tahun ini dan sudah mendapatkan lisensi dari Federasi Balap Internasonal (FIA).

Sumber : liputan6
Sumber Gambar Sampul : formula1

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu