KH. Ali Mustafa Yaqub, Obama dan Lahan Parkir Istiqlal untuk Jemaat Gereja

KH. Ali Mustafa Yaqub, Obama dan Lahan Parkir Istiqlal untuk Jemaat Gereja
info gambar utama

Bagi Almarhum KH. Ali Mustafaa Ya'qub tidak ada yang lebih indah suasana toleransi di berbagai dunia selain di Indonesia. Hal itulah yang beliau jelaskan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama ketika mengunjungi Masjid Istiqlal bersama istrinya, Michelle Obama pada 2010 silam.

Kenangan bertemu dengan Obama itu pula dituangkan Kyai yang pernah nyantri di Pondok Seblak dan Tebuireng Jombang ini kedalam sebuah buku yang dia beri judul "25 Menit Bersama Obama".

Cerita singkat Kyai Ali Mustafaa ini ia sampaikan ketika Obama melihat masjid terbesar di Asia Tenggara ini bersebelahan dengan Gereja Katolik Katedral di depannya.

Selama sekitar 30 menit di Istiqlal, Obama dan Michelle diberi penjelasan soal fungsi besar Masjid Istiqlal. Obama juga memberi testimoni singkat mengenai kekagumannya terhadap masjid yang dianggap menjadi simbol toleransi di Indonesia.

"Masjid yang menjadi simbol yang memberikan peran kepada Islam, mengatur, membimbing rakyat Indonesia yang jumlahnya jutaan," tulis Obama di buku tamu masjid Istiqlal.

Kyai Ali Mustafaa juga menjelaskan bagaimana masjid Istiqlal menjadi bagian penting dalam kerukunan antar umat beragama.

"Jarak yang dekat antara masjid dan gereja menandakan hubungan yang harmonis antara umat beragama di Indonesia," ujar KH. Ali Mustafa kepada Obama saat itu.

Almarhum menjelaskan inilah indahnya toleransi dan harmonisasi kehidupan beragama di Indonesia. Almarhum KH. Ali Mustafaa Ya'qub juga mengataan kepada Obama, pengurus Masjid Istiqlal kerap menyediakan lahan pakir di halaman luar Istiqlal untuk para Jemaat Gereja Katedral ketika merayatakan Natal dan perayaan-perayaan besar kristiani lainnya.

"Berhubung lahan parkir gereja terbatas, kami sediakan halaman luar Istiqlal untuk parkir mobil para jemaat," kata Ali Mustafa, yang lantas disambut kekaguman sang istri Michelle Obama.

Di akhir kunjungan Obama ke Istiqlal, Almarhum lantas menyampaikan satu pesan khusus untuk Obama saat itu."Anda memegang peran besar dalam menjaga perdamaian dunia," kata dia. Obama pun menjawab, "Insya Allah." Dan langsung masuk ke mobil kepresidenannya.

Kini, KH. Ali Mustafaa Ya'qub menghadap keharibaan Allah SWT. Almarhum menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Hermina Ciputat Kamis pagi ini sekitar pukul 06.30 WIB. Kisah saat kunjungan Presiden Obama menjadi kenangan sekaligus pesan bagi kita untuk kembali menjaga indahnya toleransi yang ada di Indonesia.

Selamat jalan Kyai Ali...



Sumber : dari berbagai sumber
Sumber Gambar Sampul : washingtontimes.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini