Sutradara Indonesia ini Terima Penghargaan dari Prancis

Sutradara Indonesia ini Terima Penghargaan dari Prancis
info gambar utama

Sutradara papan atas negeri ini, Garin Nugroho menerima penghargaan Ordre des Arts et des Letters atau penghargaan di bidang seni dan sastra yang diberikan pemerintah Prancis awal pekan ini di Jakarta.

Penghargaan tersebut berupa emblem atau semacam lencana berbentuk bunga delapan kelopak dengan balutan pita hijau bergaris putih.

"Saya enggak hafal namanya, tapi ini sangat berharga karena diberikan juga kepada tokoh bidang seni-budaya dunia," ujar Garin.

Tokoh yang pernah menerima emblem semacam itu antara lain Bob Dylan, Elton John, Leonardo di Caprio, Quincy Jones, Sean Connery, Wongkar Way, hingga Bono, vokalis band U2.

Baca juga : "Industri Film Kita bisa Seperti Korea"

Menurut Garin, Ia mendapat penghargaan tersebut bukan karena film yang dibuatnya. Namun, karena rekam jejaknya melalui film, dunia bisa melihat miniatur Indonesia secara lebih utuh, kritis, dan independen.

"Saya lahir dengan karya di tengah krisis perfilman nasional pada tahun 90-an,,..." ujarnya.

Menurut Garin, Pemerintah Prancis mengamati sejumlah karyanya yang memotret Indonesia sebagai miniatur dengan beragam cerita dan latar budaya, sosial, dan kemanusiaan. Gambaran tentang Indonesia ini jarang dibidik pembuat film lain.

"Mereka menyukai cara kerja saya serta tim yang independen dan kritis," tuturnya.

Salah satunya adalah film Tjokroaminoto yang menggambarkan peta politik Indonesia pertama pada 1910.

"Meskipun Tjokroaminoto tidak populer, saya tetap mengangkat kisahnya karena itu sejarah politik pertama Indonesia," ucap Garin.



Sumber : seleb.tempo.co
Sumber Gambar Sampul :www.ambafrance-ph.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini