Ini Dia 6 Sektor yang Bisa Dikembangkan Untuk Kemajuan Indonesia

Ini Dia 6 Sektor yang Bisa Dikembangkan Untuk Kemajuan Indonesia
info gambar utama

Saat ini Indonesia akan bersiap menghadapi bonus demografi, yakni ketika jumlah masyarakat dengan usia produktif akan lebih banyak. Itu artinya, Indonesia bisa melangkah lebih maju untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Seperti dilansir oleh Okezone.com menurut Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Ananto Kusuma, ada enam hal yang perlu dikembangkan jika Indonesia di masa depan ingin meraih kesuksesan.

1. Pangan

"Pertama yakni pada pangan. Anak-anak bisa diajarkan untuk meneliti pangan-pangan lokal yamg memiliki kandungan. Ituah yang seharusnya menjadi perhatian kita," ungkapnya di Kemdikbud, Selasa (22/3/2016).

2. Obat-obatan organik

Selain itu, pada obat-obatan. Karena masyarakat saat ini lebih tertarik menggunakan obat-obatan berbasis biologi daripada sintesis. Nantinya, obat-obatan tersebut akan menjadi tren dan bisa berharga miliaran dolar.

3. Bio Material

Kemudian hal lainnya yang akan maju adalah pada bio material. Di mana logam dan besi itu nantinya akan habis sehingga akan diganti dengan bahan lainnya.

"Seperti bambu, kayu dan serat kelapa itu. Itu bahan yang sangat kuat, ke depannya akan sangat dibutuhkan," ujarnya.

4. Bio Energi

Kemudian pada bio energi, di mana mobil akan dibuat dengan tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak. Karena seperti yang kita tahu bahwa persediaan minyak semakin habis.

5. Eco Tourism

"Lalu pariwisata juga akan beralih pada bio tourism. Saat masyarakat ingin mencari tempat wisata yang bernuansa sawah dan alam. Ditambah lagi yang berkaitan dengan wisata kesehatan," imbuhnya.

6. Bio Computing

Terakhir adalah pada bio computing. Jadi, jika ingin mmebuat sensor-sensor bukan lagi menggunakan elektronik.

Ananto menjelaskan bahwa kunci untuk bisa menghasilkan anak-anak unggul yang dapat menciptakan produk unggulan di sektor-sektor tersebut adalah peran para guru. Sebab bapak dan ibu gurulah yang nantinya akan mendidik dan menanamkan nilai-nilai unggul pada setiap anak bangsa.

Dirinya berpesan bahwa guru di Indonesia seharusnya dapat berbangga karena memiliki tugas yang mulia.

"Bersyukurlah karena anda menjadi seorang guru. Karena menjadi seorang guru ada yang tidak dimiliki oleh pekerjaan lainnya yakni memuliakan. Karena tugas guru adalah memuliakan manusia itu sendiri," tambahnya.

Terima kasih guruku, Selamat hari guru untukmu.

Sumber : Okezone.com
Sumber Gambar Sampul : kaskus.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini