Belajar Bahasa Dayak Lebih Mudah dan Asyik, Lewat Game Android "Tebak Kata"

Belajar Bahasa Dayak Lebih Mudah dan Asyik, Lewat Game Android "Tebak Kata"
info gambar utama

Bahasa daerah adalah buah dari peninggalan nenek moyang yang menjadi identitas kuat tiap masyarakatnya. Belakangan ini memang bahasa daerah seolah mulai terlupakan, penuturnya juga semakin jarang kita temukan.

Berangkat dari itu, Giri Prahasta Putra bersama teman-teman nya yang tergabung dalam komunitas kotasampit.com merilis sebuah game "Tebak Kata Bahasa Dayak". Game yang mengajak pemainnya untuk mengenal bahasa daerah Kalimantan Tengah, bahasa Dayak.

Dalam rilis yang kami terima diakui Giri, lewat game yang dibuatnya ia ingin membuat bahasa daerah menjadi menarik dan asyik untuk dipelajari setiap orang.

"Pembuatan game ini berangkat dari pengalaman masa kecil saya saat SD. Bagi saya pelajaran bahasa daerah adalah mata pelajaran yang membosankan, karena hanya disuguhi hafalan kata dan disuruh untuk menerjemahkan kalimat. Padahal saat itu pelajaran bahasa Inggris, yang sama-sama bahasa asing bagi saya, memiliki presentasi yang lebih menarik dengan gambar-gambar dan permainan. Kenapa bahasa daerah tidak seperti itu?" ungkapnya.

Baca juga : Senjata Tradisional Suku Dayak Buatan Makhluk Kayangan

Uniknya, lewat game ini pemain dibimbing dengan permainan menebak dan mengira-ngira arti dari kata-kata yang disajikan. Dengan cara ini diharapkan pemain dapat mengingat dan membuat keterkaitan antara kata bahasa Dayak terhadap kata dari bahasa yang sudah diketahuinya.

Untuk memberikan sensasi tantangan, Giri juga menjelaskan akan ada reward berupa koin yang dapat digunakan untuk lebih banyak membuka macam kata.

"Koin digunakan untuk membuka semua kata yang ada dalam kamus. Pemain dapat membacanya kembali untuk mengetahui artinya dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan ragam bahasa Dayak Sampit. Selain itu koin juga digunakan untuk membuka fitur-fitur tambahan seperti mengganti latar belakang permainan yang mengangkat tema budaya lokal." tambahnya.

Baca juga : Sangkurat, Rompi Kebesaran Suku Dayak Ngaju

Pria asal kota Sampit ini juga berharap game yang dibuatnya dapat melengkapi fasilitas kegiatan belajar bahasa daerah di sekolah-sekolah.

"Diharapkan aplikasi ini dapat membantu dan melengkapi literatur kegiatan belajar mengajar bahasa Dayak di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dan khususnya Kalimantan." tutupnya.

Game "Tebak Kata Bahasa Dayak" juga dapat diunduh secara gratis di layanan Google Play Store. Bagaimana siap mencobanya ?

Sumber Gambar Sampul : prayglound

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini