Kenalkan. Motor Listrik yang Terkoneksi Android Karya Arek Suroboyo

Kenalkan. Motor Listrik yang Terkoneksi Android Karya Arek Suroboyo
info gambar utama

Prototype motor listrik garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya secara resmi diperkenalkan update terakhirnya. Jika pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 masih kerangka dan komponen, kini sudah berbentuk motor. Yuk lihat detail spesifikasinya.

Skutik listrik bernama GESITS yang punya kepanjangan Garansindo Electric Scooter ITS ini memiliki motor listrik berspesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Sedang top speed-nya diklaim bisa tembus 100 km/jam.

Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 sampai 3 jam. “GESITS juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai. Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan,” terang DR. M. Nur . Yuniarto, ketua tim riset GESITS.

Spesifikasi Motor Listrik Garansindo-ITS
info gambar

Menurutnya, motor ini dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc. Wah mantab!

Sistem motor listrik ini juga terintegrasi dengan android. “Mulai kecepatan, rpm, suhu hingga voltase bisa terpantau lewat smartphone dengan operating system android,” jelas Nur saat ditemui di Gedung Riset Mobil Listrik ITS hari ini (3/5).

Sistem penggeraknya menggunakan belt dengan single ratio yang punya perbandingan final gear 1:3,57. Jadi benar-benar automatic nih, tinggal gas saja sudah ngacir.

Caption (Sumber Gambar)

Sedang sasisnya menggunakan besi tubular diameter 1 inci. Untuk sokbeker belakang berbeda dengan skutik pada umumnya, tetap 1 sokbreker tapi posisinya di tengah layaknya motor sport. Pengeremannya sudah disc brake di kedua roda.

Kabarnya, GESITS akan diusahakan dibanderol di bawah Rp 20 jutaan. “Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal. Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,” beber Harun Sjech, Project Director motor listrik Garansindo-ITS.

Harun juga mengatakan motor listrik ini akan diuji selama 5 sampai 10 ribu kilometer di segala kondisi cuaca sebelum diproduksi masal tahun depan.

Data Spesifikasi:
Sasis : Tubular
Panjang : 1910 mm
Lebar : 695 mm
Tinggi : 1.110 mm
Jarak Tempuh : 85 – 100 km
Motor listrik : 5 KW
Baterai : 50 V, 40 AH
Berat total : 120 kg
Kapasitas angkut : 150 kg
Max speed : 110 km/jam
Konsumsi energi : 50 km/kwh

Otomotifnet.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini