Lencana Kehormatan Prancis di Dada Garin Nugroho

Lencana Kehormatan Prancis di Dada Garin Nugroho
info gambar utama

Sutradara papan atas Indonesia Garin Nugroho menerima lencana tanda jasa Chevalier dans l’ordre des Arts et Lettres dari Duta Besar Prancis untuk Indonesia Corrine Breuzé, di kediaman duta besar di Jakarta.

Tanda kehormatan Seni dan Sastra dari Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Republik Prancis ini diberikan kepada tokoh-tokoh Indonesia yang berperan dalam memperkuat hubungan dan mendorong lahirnya berbagai kerja sama antara Prancis dan Indonesia.

“Penghargaan ini adalah sebuah pengakuan atas karir cemerlang Garin Nugroho di bidang budaya dan kontribusi besarnya dalam pengembangan industri sinema di Indonesia, sebuah industri yang sangat diapresiasi di Prancis,” ujar Corrine Breuzé melalui siaran pers di Jakarta.

Caption (Sumber Gambar)

Menurut Corrine, Garin Nugroho juga memiliki jalinan dengan Prancis karena dua karyanya masuk nominasi Un Certain Regard di Festival Film Cannes.

220px-Daun_di_Atas_Bantal

Pertama, pada 1998 untuk film “Daun di Atas Bantal” dan yang kedua pada 2006 untuk film “Serambi”, di mana dua kali nominasi ini membawa namanya ke dunia internasional dan menjadikannya tamu rutin festival film paling bergengsi di dunia.

Garin Nugroho menyebutkan bahwa lencana ini adalah penghargaan terbaik selama 35 tahun perjalanannya di dunia sinema yang ia mulai dengan membuat film pada usia 19 tahun.

Garin memiliki visi pribadi terkait multikulturalisme, politik dan komunikasi, yang ia sebut sebagai “Indonesia Baru”.

Di masa kuliahnya, lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang kemudian menimba ilmu politik di Universitas Indonesia (UI) ini membuat film-film dokumenter dan film-film pendek yang menjadikan namanya disegani di dunia sinematografi Indonesia.

Akarnews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini