Lupa Sandi?

Setelah Daffa, Kini Ada Perempuan Tangguh Pembela Pejalan Kaki

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Setelah Daffa, Kini Ada Perempuan Tangguh Pembela Pejalan Kaki

Memperjuangkan hak-hak memang sepatutnya dilakukan oleh banyak orang, tidak hanya satu atau dua orang. Seperti terinspirasi tindakan bocah cilik bernama Daffa yang berani membela hak pejalan kaki di Semarang, kali ini perempuan bernama Alfini Lestari (34) melakukan aksi penghadangan sepeda motor di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Meski memiliki niat yang baik, ternyata perempuan tersebut kerap mendapat hinaan dan cercaan kerap dilontarkan para pengendara sepeda motor.

"Pernah juga (ada yang bilang), 'dasar cewek berengsek, gila.' Tetapi, saya tidak peduli. Yang harusnya gila kan mereka, bukan saya. Saya jalan sudah di tempatnya," kata Alfini sebagaimana dirilis oleh kompas.com Selasa (3/5/2016).

Alfini mengaku aksinya dimulai sejak tiga pekan lalu dan pada Selasa lalu aksinya tertangkap kamera seorang warta foto dari The Jakarta Post. Aksinya tersebut dilakukan antara pukul 07.30 WIB hingga 08.00 WIB. Tindakan cukup beraninya tersebut dilatarbelakangi oleh rasa geramnya saat mengetahui bahwa para pengendara sepeda motor sama sekali tidak menghormati hak pejalan kaki di trotoar. Padahal fasilitas tersebut disediakan pemerintah hanya untuk para pejalan kaki.


"Saya geregetan saja lihat (sepeda) motor. Masalahnya, mereka sudah punya jalan sendiri, masih saja ambil (jalan) buat pejalan kaki," jelas Alfini.

Baca Juga

Alfini mengaku bahwa cemoohan dan cacian sering didapatinya. Namun itu tidak mengendurkan keberaniannya. Alhasil adu mulut kerap terjadi di atas trotoar. Dirinya mengatakan meski trotoar bukan jalan miliknya namun dia sadar bahwa sejatinya para pengendara motor sudah memiliki jalur sendiri sehingga tidak seharusnya mereka berada di trotoar.

Uniknya, Alfini menjelaskan bahwa saat banyak pengendara nakal mencoba menabrak dirinya, para pengendara yang melewati jalur normal malah menyemangatinya. Akhirnya para pelanggar tersebut seringkali merasa malu.

"Tetapi, lama-kelamaan mereka malu karena yang dari jalanan kasih support saya. Mbak jangan ngalah. Ayo Mbak hadang saja," kata Alfini menirukan dorongan para pengguna jalan lain  kepada dirinya.

Foto Alfini saat sedang menghalangi sepeda motor yang naik ke trotoar di Jalan Jenderal Sudirman pada Senin kemarin terpampang di halaman depan harian The Jakarta Post edisi Selasa. Foto itu kemudian menjadi viral di media sosial, salah satunya lewat akun Facebook dari Koalisi Pejalan Kaki.

Bulan April yang lalu, aksi heroik juga dilakukan oleh seorang bocah bernama Daffa Farros Oktaviarto yang berani membela hak pejalan kaki dengan sepedanya. Aksi itu dilakukan di Semarang seorang diri. Salut untuk Alfini dan Daffa.

Sumber : The Jakarta Post; Kompas.com
Sumber Gambar Sampul :Dhoni Setiawan / theJakartapost.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Indonesia Menjadi Yang Terdepan

Good News From Indonesiasatu hari yang lalu

Memaknai Kemerdekaan Indonesia

Good News From Indonesiasatu hari yang lalu

Indonesia, Bersih dan Aman

Good News From Indonesiasatu hari yang lalu

Evolusi Indonesia

Good News From Indonesiasatu hari yang lalu

The Great Steps of ASEAN

adli hazmi2 hari yang lalu

Impianku Ingin Memajukan Industri Film Indonesia

Good News From Indonesia3 hari yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie