Kabupaten ini Menjadi Lokasi Pertama Jembatan Apung di Indonesia

Kabupaten ini Menjadi Lokasi Pertama Jembatan Apung di Indonesia
info gambar utama

Desa Ujung Alang dan Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah akan menjadi wilayah pertama di Indonesia yang akan menjadi lokasi pembangunan jembatan apung yang dibangun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR).

Jembatan apung sepanjang 40 meter ini nantinya menjadi jembatan dengan teknologi apung pertama di Indonesia dan dipasang pada bulan Mei ini.

“Dipilihnya teknologi apung untuk jembatan ini setelah pegamatan lokasi. Tidak dimungkinkan untuk membangun jembatan dengan teknologi pancang," tutur Kepala Balitbang PUPR Arie Setiadi Moerwanto, dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Kompas.com.

Hasil pengamatan tim Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) menemukan, bahwa sedimen yang di lokasi tempat akan dibangun jembatan memiliki kedalaman hingga 20 meter. Karena kondisi inilah maka tim memutuskan teknologi apunglah yang cocok untuk diaplikasikaan di kampung nelayan ini.

Salah satu keunggulan dari jembatan hasil teknologi Balitbang PUPR ini mudah dibongkar-pasang atau dipindah-pindah.

Pembangunan jembatan ini awalnya adalah usulan dari Mantan Menko Bidang Kemaritiman Dwisuryo Indroyono pada Tahun 2015. Kemudian pada pada awal tahun 2016 ini Pusjatan memulai perancangan jembatan dan langsung melakukan trial assembly jembatan apung pada bulan Januari hingga April 2016.


Sumber : kompas.com
Sumber Gambar Sampul : kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini