Lupa Sandi?

Inilah 10 Gunung Tertinggi di Sumatera

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Inilah 10 Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m). Dalam bahasa daerah di Sumatera, gunung disebut sebagai gunong atau glee (Aceh), dolog (Batak), gunuang (Minang), deleng (Karo).

Daftar 10 gunung tertinggi di pulau Sumatera Indonesia adalah sebagai berikut:

Gunung Kerinci (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Kerinci (via alamendah.wordpress.com)

1. Gunung Kerinci, Sumatera Barat dan Jambi (3.805 m)

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung tertinggi kedua di Indonesia selain gunung-gunung di Papua. Gunung ini disebut juga sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci dengan puncak tertingginya Puncak Indrapura yang berketinggian 3.805 meter dpl. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang terletak di provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci terletak di koordinat 1° 41? 48? LS, 101° 15? 56? BT.

Gunung Leuser Aceh (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Leuser Aceh (via alamendah.wordpress.com)

2. Gunung Leuser, Nanggroe Aceh Darussalam (3.445 m)

Gunung tertinggi kedua di Sumatera adalah gunung Leuser dengan kordinat 3° 47? 51? LU, 97° 13? 9? BT. Gunung ini memiliki tiga puncak tertinggi yang berjejer yaitu Puncak Leuser (3.119 mdpl) Puncak Loser (3.404 mdpl), dan Puncak Tanpa Nama (3.445 mdpl). Gunung Leuser memiliki Taman Nasional yang bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan (The Tropical Rainforest Heritage of Sumatra) ditetapkan oleh PBB sebagai salah satu dari 7 Situs Warisan Dunia di Indonesia. 

Gunung Dempo (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Dempo (via alamendah.wordpress.com)

3. Gunung Dempo, Sumatera Selatan (3.159 m)

Gunung Dempo menjadi gunung tertinggi di Sumatera Selatan dan tertinggi ketiga di Sumatera. Puncak gunung Dempo berupa kawah gunung berapi yang masih bergejolak dengan diameter mencapai seratus meter persegi. Gunung ini terletak di kordinat 4° 0? 57? LS, 103° 7? 42? BT.

Gunung Bandahara (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Bandahara (via alamendah.wordpress.com)

4. Gunung Bandahara, Nanggroe Aceh Darussalam (3.030 m)

Gunung Bandahara merupakan gunung tidak berapi. Gunung yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Nanggroe Aceh Darussalam menjadi gunung paling tinggi kedua di Aceh sekaligus tertinggi keempat di pulau Sumatera.

Gunung Talamau (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Talamau (via alamendah.wordpress.com)

5. Gunung Talamau, Sumatera Barat (2.912 m)

Gunung Talamau menjadi gunung paling tinggi di provinsi Sumatera Barat sekaligus tertinggi kelima di pulau Sumatera. Gunung yang disebut juga sebagai Gunung Ophir dan terletak di Kabupaten Pasaman Barat (koordinat 0° 4? 45? LU, 99° 59? 0? BT) ini termasuk salah satu gunung tidak aktif. Ketinggian gunung ini adalah 2.912 meter di atas permukaan laut (dpl).

Gunung Marapi (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Marapi (via alamendah.wordpress.com)

6. Gunung Marapi, Sumatera Barat (2.891 m)

Gunung tertinggi keenam di pulau Sumatera adalah gunung Marapi atau Merapi. Gunung setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (dpl) dan terletak di wilayah Kabupaten Agam (koordinat 0° 22? 47? LS 100° 28? 16? BT) ini termasuk salah satu gunung teraktif di Indonesia.

Gunung Geureudong (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Geureudong (via alamendah.wordpress.com)

7. Gunung Geureudong, Nanggroe Aceh Darussalam (2.885 m)

Gunung Geureudong atau Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong menjadi gunung tertinggi ketiga di Aceh sekaligus paling tinggi nomor tujuh di Sumatera. Gunung yang terdapat di Kabupaten Bener Meriah (koordinat 4° 48? 46? LU, 96° 49? 12? BT) ini merupakan gunung bertpe stratovolcano (gunung berapi komposit) yang berbentuk khas dengan puncak tinggi mengerucut sedangkan bagian kaki gunung lebih landai.

Gunung Singgalang (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Singgalang (via alamendah.wordpress.com)

8. Gunung Singgalang, Sumatera Barat (2.877 m)

Gunung Singgalang merupakan gunung berapi yang telah tidak aktif. Di puncaknya, pada ketinggian 2.877 m dpl terdapat telaga yang merupakan bekas kawah yang dinamai Telaga Dewi. Gunung ini terdapat di koordinat 0° 23? 24? LU dan 100° 19? 51? BT.

Gunung Perkison (via gedoykocan.wordpress.com)
Gunung Perkison (via gedoykocan.wordpress.com)

9. Gunung Perkison, Nanggroe Aceh Darussalam (2.828 m)

Gunung Perkison merupakan salah satu gunung tidak berapi yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara. Dengan ketinggian 2.828 meter di atas permukaan laut menjadikannya gunung tertinggi kesembilan di pulau Sumatera.

Gunung Talang (via alamendah.wordpress.com)
Gunung Talang (via alamendah.wordpress.com)

10. Gunung Talang, Sumatera Barat (2.597 m)

Gunung Talang disebut juga sebagai gunung Salasi atau Sulasi. Gunung tertinggi kesepuluh di Pulau Sumatera ini terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada titik kordinat 0° 58? 42? LU dan 100° 40? 46? BT.

sumber: alamendah.org 

 
Pilih BanggaBangga38%
Pilih SedihSedih7%
Pilih SenangSenang36%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau7%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas