Langka, Merkurius Tutupi Matahari Pada Hari Ini

Langka, Merkurius Tutupi Matahari Pada Hari Ini
info gambar utama

Hari ini (9/5), akan terjadi fenomena alam yang langka, di mana Merkurius akan transit melewati Matahari selama tujuh jam.

Sebelumnya, transit Merkurius terjadi pada tanggal 8 November 2006 dan peristiwa berikutnya akan terjadi pada 11 November 2019.

"Fenomena langka itu pernah terjadi pada 2006, butuh waktu sekitar 10 tahun untuk menyaksikan fenomena alam ini di mana Planet Merkurius memiliki periode orbit selama 88 hari, sehingga menjadi pengorbit tercepat di Tata Surya," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas I Kupang, Hasanuddin.

Menurutnya, peristiwa tersebut akan sangat jelas dilihat di Amerika dan Eropa Barat, beberapa wilayah di Afrika, serta sebagian wilayah Asia. Sedangkan di Indonesia, masyarakat bisa melihat titik kecil berwarna hitam melewati matahari pada pukul 11.12 hingga 18.42 WIB.

Untuk melihat fenomena tersebut, kita dapat menggunakan filter yang sama seperti yang digunakan untuk menonton gerhana matahari total beberapa bulan lalu, demikian ujar Hasanudin.

"Peristiwa ketika Merkurius melintasi piringan Matahari, mirip dengan peristiwa gerhana matahari yang tertutup oleh bulan sehingga sebagian atau seluruh cahaya Matahari jadi terhalang," katanya.

"Meskipun ukuran Merkurius sedikit lebih besar dari Bulan, namun jaraknya yang jauh dari Bumi menyebabkan penduduk Bumi hanya akan melihat Merkurius seperti noktah kecil yang melintasi matahari selama kurang lebih 7,5 jam," katanya.

Jika dibandingkan dengan transit Venus, planet Merkurius hanya akan tampak seperlima dari Venus saat melintas Matahari.

"Sama seperti transit Venus, transit Merkurius juga cukup langka. Dalam seratus tahun kita hanya bisa menikmati 13 kali transit. Masih lebih sering dibanding transit Venus yang hanya 2 kali dalam interval 8 tahun setiap 100 tahun," katanya.


Sumber : liputan6
Sumber Gambar Sampul : liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini