Salah Satu Arizonanya Indonesia Ada di Madura

Salah Satu Arizonanya Indonesia Ada di Madura
info gambar utama

Madura, dalam benak kita mungkin terekam dalam memori ketika bicara tentang madura yang dibicarakan adalah tentang sate. Sate madura memang makanan khas madura yang sangat terkenal dan bikin nagih untuk makan lagi, lagi dan lagi. Kali ini, yang dibahas tentang madura bukan tentang satenya tapi tentang sebuah tempat unik dan indah yang seakan tidak percaya bahwa ini ada di madura. Tempat ini menawarkan sebuah pemandangan alam yang eksotis. Hanya di madura, ialah tambang batu kapur bukit arosbaya. Belakangan ini tengah ramai jadi perbincangan publik di media sosial karena keindahan nuansa alam yang terbentuk di bukit arosbaya.

Ukiran Bukit Kapur, Dok. Pribadi
info gambar

Bukit kapur arosbaya memang sebuah tempat tambang batu kapur, bukit batu kapur biasanya memang panas namun di bukit kapur arosbaya berbeda. Di kanan kiri sepanjang perjalanan menyusuri bukit kapur banyak tanaman hijau yang mengelilingi bukit kapur arosbaya. Bukit kapur arosbaya letaknya sesuai dengan nama bukit kapur tersebut yakni di arosbaya, bangkalan. Jarak yang harus ditempuh antara surabaya – bukit kapur arosbaya, bangkalan berkisar 45 km dengan waktu tempuh hanya 1 jam melewati jembatan suramadu.

Akses menuju bukit kapur arosbaya sangatlah mudah, wisata bukit kapur arosbaya juga dekat dengan pesarean aer mata yang letaknya di arosbaya. Ketika sudah sampai di depan pesarean aer mata, ambil jalur kanan yang terdapat papan nama menuju bukit kapur arosbaya. Jalannya sempit dan kecil, hanya bisa untuk satu mobil. Setelah masuk dari tempat ini, ikuti rutenya saja nanti akan bertemu dengan pemandangan bukit batu kapur di kanan jalan. Lelah akan hilang dengan pemandangan eksotis yang ditampakkan oleh bukit kapur arosbaya.

Untuk anda yang membawa mobil harap bersabar dan berhati-hati karena akses menuju bukit kapur arosbaya tersebut hanya cukup dilewati satu mobil saja sehingga ketika terdapat dua mobil dengan arah yang berlawanan maka salah satu dari mobil tersebut harus mengalah untuk menepi agar mobil satunya bisa berjalan terus untuk masuk/keluar dari bukit kapur arosbaya.

Deretan bukit kapur arosbaya, Dok. Pribadi
info gambar

Saat saya berkunjung ke bukit kapur arosbaya, ternyata banyak wisatawan yang datang silih berganti. Nampaknya wisata bukit kapur arosbaya sudah banyak diketahui oleh orang dan membawa ketertarikan untuk berkunjung.

Banyak dari mereka yang kagum akan pesona indah yang ditampakkan oleh bukit kapur arosbaya sehingga mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktunya untuk berfoto ria. Rasanya kalau sudah berkunjung di madura sangat disayangkan jika tidak mampir di bukit kapur arosbaya. Ketika anda berkunjung dan menapakkan kaki di bukit kapur arosbaya seakan anda tidak percaya bahwa "ini (bukit kapur arosbaya) letaknya ada di madura, ini arizonanya Indonesia".

Sumber : Mustofa Sam
Sumber Gambar : Mustofa Sam

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini