Lupa Sandi?

Thomas-Uber Cup 2016, Tim Harapan 14 dan 20 Tahun

Renatha Agung Yoga Prasetya
Renatha Agung Yoga Prasetya
0 Komentar
Thomas-Uber Cup 2016, Tim Harapan 14 dan 20 Tahun

Tim nasional bulutangkis Indonesia akhirnya memastikan keikutsertaan mereka di event puncak Thomas Cup dan Uber Cup yang akan berlangsung di Kunshan, Jiangsu, Tiongkok, pada 15 hingga 22 Mei mendatang. 

Tim Thomas putra dinyatakan lolos karena berhasil menjadi juara saat babak kualifikasi. Anthony Ginting dan kawan-kawan mengalahkan Jepang dengan skor 3-2 di partai terakhir.

Seperti dikutip dari BWF Badminton, Indonesia yang mengumpulkan 279.614 poin menjadi unggulan keempat. Tiongkok masih menjadi unggulan teratas, diikuti Denmark dan Korea.

Tim Uber putri Indonesia juga dinyatakan lolos kendati di partai perepat final mengalami kekalahan dari Tiongkok dengan skor 0-3 saat kualifikasi. Tim Uber Indonesia dinyatakan lolos berdasarkan peringkat poin pemain putri di dunia.

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) sendiri telah menyusun daftar  tim inti Piala Thomas dan Uber Indonesia 2016.

Baca Juga

Sejumlah pemain yang sebelumnya pernah memperkuat tim Merah Putih di kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 pada Februari lalu, terpaksa di coret karena penampilan dianggap tidak maksimal. Nama pemain yang dicoret adalah pasangan ganda putra Rian Agung Saputro/Berry Angriawan dan tunggal putri Linda Wenifanetri.

Performa Rian/Berry dan Linda dinilai kurang baik selama mengikuti Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 lalu. Posisi Rian/Berry akhirnya digantikan oleh pasangan Juara Malaysia Masters 2016, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sedangkan nama pemain muda Gregoria Mariska masuk ke dalam daftar tim Uber.

“Kami dan tim pelatih telah melakukan analisa penampilan Rian/Berry dan Linda selama kualifikasi (Piala Thomas dan Uber) kemarin dan menurut kami penampilannya sangat kurang. Sehingga kami putuskan untuk mengganti mereka,” ujar Kabid Pembinaan dan Prestasi Rexy.

Penampilan Kevin/Marcus dianggap mengalami perkembangan pesat sehingga menjadi pertimbangan untuk memperkuat tim Thomas.

“Penampilan Kevin/Marcus akhir-akhir ini lebih baik, bukan cuma penilaian dari pelatih mereka, tetapi saya juga mengikuti perkembangan Kevin/Marcus,” pungkas Rexy.

Di Tim Thomas, Tommy Sugiarto menjadi motor tim sebagai tunggal pertama. Pasukan Juara Kualifikasi Piala Thomas 2016 ini juga diperkuat pasangan rangking dua dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Sedangkan tim Uber dipenuhi pemain-pemain muda seperti Hanna Ramadini, Fitriani dan Gregoria Mariska.

Target juara tentunya menjadi prioritas setelah tim bulutangkis Indonesia mengalami dahaga di ajang Thomas dan Uber cup dalam waktu yang cukup lama. Indonesia terakhir kali menyabet gelar juara Thomas cup 14 tahun yang lalu di tahu 2002. Sementara tim putri Indonesia terakhir kali meraih juara Uber cup 2 dekade yang lalu di tahun 1996.

Berikut susunan tim Indonesia di putaran final Piala Thomas dan Uber 2016

Piala Thomas

Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon.

Piala Uber

Maria Febe Kusumastuti, Hanna Ramadini, Fitriani, Gregoria Mariska, Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari.



Sumber : Lputan6.com rri.co.id
Sumber Gambar Sampul :forumkeadilan.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG RENATHA AGUNG YOGA PRASETYA

Faith, Courage, Honesty, and Passion

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas