Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai “Top Performing Listed Companies 2016” dalam ajang Investor Award 2016 yang digelar di Jakarta. BUMN telekomunikasi tersebut berhasil meraih posisi sebagai emiten terbaik karena kinerja fundamental sepanjang 2015-2016 yang unggul dari total 524 emiten di BEI saat ini. Selain kinerja fundamental, Telkom juga dinilai memiliki likuiditas tinggi yang ditunjukkan dari harga sahamnya naik signifikan selama April 2015-Maret 2016.

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen (kedua dari kanan) menerima trophy penghargaan "Top Performing Listed Companies 2016" yang diberikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad (kedua dari kiri), yang didampingi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio (paling kiri) dalam ajang Investor Award 2016 yang digelar di Jakarta, Selasa (3/5).

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen (kedua dari kanan) menerima trophy penghargaan “Top Performing Listed Companies 2016” yang diberikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad (kedua dari kiri), yang didampingi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio (paling kiri) dalam ajang Investor Award 2016 yang digelar di Jakarta.

Pemeringkatan emiten tahun ini mengambil tema ”Capturing Opportunities and Creating Values in The Digital Era“. Tema tersebut ditetapkan Tim Juri, untuk menggali pemahaman manajemen emiten atas tantangan dunia bisnis pada era digital saat ini. Sesuai tema, Dewan Juri ingin mengenali tantangan terkini, manajemen emiten diharapkan bisa menetapkan strategi antisipatif terhadap perkembangan dunia bisnis modern, sekaligus melakukan inovasi untuk menangkap peluang pada era digital.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan stakeholder, di antaranya adalah masyarakat dan pelanggan setia Telkom. Menurut kami kepercayaan yang diberikan stakeholder selama ini adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja perseroan,” ujar Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen usai menerima trophy penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, yang didampingi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio.

Seperti tahun sebelumnya, Dewan Juri mempertahankan pengelompokan berdasarkan nilai kapitalisasi, dalam rangka penetapan Emiten Terbaik 2016. Dua kelompok besar yang disepakati yakni emiten dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 10 triliun dan di bawah Rp 10 triliun. Ketua Dewan Juri Roy Sembel menegaskan, pengelompokan dibuat agar persaingan lebih berimbang. Pertimbangan lain, karakteristik perusahaan dengan size usaha besar relatif berbeda dibandingan dengan yang sedang dan kecil.

Setelah melalui proses seleksi berdasarkan kriteria yang telah dirumuskan, yang didahului dengan seleksi awal, Dewan Juri menetapkan Telkom sebagai salah satu dari lima emiten terbaik. Selain proses penilaian dari sisi kinerja fundamental dan teknikal, penetapan Emiten Terbaik dipadukan dengan hasil penilaian dari responden melalui angket serta wawancara Dewan Juri dengan manajemen emiten.

 

Swa.co.id

gambar utama : tempo.co

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu