SNMPTN 2016 Telah Diumumkan, Jangan Berkecil Hati Masih ada SBMPTN

SNMPTN 2016 Telah Diumumkan, Jangan Berkecil Hati Masih ada SBMPTN
info gambar utama

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 9 Mei yang lalu. Ada cerita bahagia tentanga siswa yang diterima di PTN favoritnya, namun juga ada cerita kegagalan dalam seleksi ini. Semuanya adalah hal yang lumrah, namun jangan berkecil hati bagi yang belum berhasil sebab setelah SNMPTN, akan ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri atau SBMPTN yang akan diadakan pada akhir Mei nanti.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Panitia SNMPTN 2016, tercatat sebanyak 645.208 pendaftar yang masuk pada masa penutupan tanggal 14 Maret lalu. Sedangkan dari hasil pengumuman 9 Mei lalu sebanyak 115.178 siswa diterima oleh berbagai perguruan tinggi di tanah air. Angka tersebut dikatakan tidak memenuhi kuota 123.000 yang telah disediakan oleh 78 perguruan tinggi yang membuka kuota SNMPTN pada tahun ini.

Angka penerimaan yang dibawah kuota dikatakan oleh Ketua Panitia SNMPTN 2016, Rochmat Wahab sebagai bentuk seleksi ketat yang dilakukan oleh PTN pada calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini. Menurutnya, perguruan tinggi sangat mempertimbangkan mutu pendaftar melalui nilai akademik dan portofolio. "Sekitar 7.900-an tidak terpenuhi," ungkapnya seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Rochmat juga menjelaskan bahwa kuota tersebut nantinya akan dimasukkan ke jalur seleksi selanjutnya yakni SBMPTN. Seperti diketahui kuota SBMPTN berdasarkan rilis bulan April yang lalu adalah sebesar 99.223 Mahasiswa, dengan adanya kuota SNMPTN yang tidak terpenuhi, tentu saja angka tersebut akan bertambah.

SBMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang juga diadakan secara nasional. Perbedaan antara SBMPTN dengan SNMPTN adalah terletak pada alat ukur yang digunakan dalam penerimanaan. Bila SNMPTN didasarkan pada nilai-nilai sekolah di masa SMA dan portofolio prestasi, sedangkan SBMPTN lebih ditekankan pada hasil ujian tulis yang diadakan secara serentak. Penerimaan berdasarkan dua jenis ujian, hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Baca juga: Ini Dia 10 Kampus di Indonesia Paling Populer di SBMPTN Tahun 2015

SBMPTN sendiri akan dilaksanakan pada 31 Mei dengan akhir pendaftaran pada tanggal 20 Mei 2016 pada pukul 22.00 WIB. Hasil seleksi SBMPTN nantinya akan diumumkan pada 28 Juni 2016.

Jadwal SBMPTN 2016 (Gambar: Kemendikti via Beritakepo.com)
info gambar

Jadi bagi kawan yang bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi namun gagal dalam SNMPTN, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan kedua dengan mengikuti SBMPTN. Pertimbangkan minat dan bakat dengan tingkat persaingan ditiap-tiap perguruan tinggi. Ingat, perguruan tinggi yang membuka kuota mahasiswa baru tidak hanya terpusat di PTN-PTN populer maka jangan memaksakan diri untuk menuju perguruan yang sudah terlalu ramai diminati. Namun yang terpenting, jangan sia-siakan kesempatan ini dengan tidak mempersiapkan diri. Pada akhirnya, selamat berjuang kawan-kawan muda semoga impian kalian terwujud.

Sumber : Berbagai Sumber
Sumber Gambar Sampul : okeinfo.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini