PENS Borong Juara dalam Kontes Robot Indonesia

PENS Borong Juara dalam Kontes Robot Indonesia
info gambar utama

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) memborong juara beberapa divisi dalam Kontes Robot Indonesia Regional IV yang digelar di Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur.

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan sudah selesai pada Sabtu (7/5) malam. PENS banyak mendapatkan juara dalam kontes robot tersebut," kata Ketua Panitia Kontes Robot Indonesia Nugroho Setyo Wibowo di Jember, Minggu (8/5).

Berdasarkan hasil penilaian juri, juara pertama kontes ini yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dengan nama robot Pensae. Kemudian, juara kedua dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dengan nama robot RI-NHA. Juara III dari Universitas Negeri Surabaya, dengan nama robot Rengganis. Desain terbaik dan strategi terbaik diraih ITS.

Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki Juara I diraih PENS, dengan nama robot EFFIRO. Juara II diraih ITS, dengan nama robot Al-Jazari. Juara III diraih Universitas Trunojoyo, dengan nama robot SAKERA. Kemudian, penghargaan desain terbaik diraih ITS dan strategi terbaik diraih PENS.

Untuk Divisi KRPAI Beroda, PENS kembali meraih Juara I, dengan nama robot EILERO, Juara II Universitas Negeri Surabaya, dengan nama robot DEWAYANI, dan Juara III Universitas Negeri Malang.

Semua peserta menerima hasil penilaian juri tersebut. "Kami mohon maaf, sebagai tuan rumah, belum berhasil menyabet juara dan penghargaan desain atau strategi terbaik dalam kontes robot itu. Namun, mahasiwa Politeknik Negeri Jember sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan karya terbaik," tutur Nugroho.

Nugroho mengatakan, juara pertama hingga ketiga berhak mengikuti Kontes Robot Indonesia tingkat nasional. Kegiatan ini akan digelar di PENS pada Juli 2016, bersama para juara kontes robot di regional I, II, dan III.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Intan Ahmad, pada saat pembukaan Kontes Robot Indonesia di Jember, mengapresiasi para peserta yang ikut dalam kegiatan Kontes Robot Indonesia Regional IV, karena mahasiswa dituntut untuk menciptakan inovasi dalam membuat robot yang sudah ditentukan kriterianya.

"Dari kontes robot Indonesia, yang paling ketat persaingannya memang di Regional IV, dan pemenang di Regional IV akan berkompetisi di kontes robot tingkat nasional yang akan digelar pada bulan Juli di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)," katanya.

Pihaknya berharap, mahasiswa dapat berinovasi. Mereka harus menghasilkan temuan yang mendukung perkembangan teknologi. Tujuannya, untuk mempermudah masyarakat dalam beraktivitas


Sumber : Antara
Sumber Gambar Sampul : jurnalindonesia.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini