Inilah Orang Indonesia yang Diabadikan Menjadi Pahlawan Kerajaan Belanda

Inilah Orang Indonesia yang Diabadikan Menjadi Pahlawan Kerajaan Belanda
info gambar utama


Irawan Soejono, pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Leiden, Belanda, pada saat Perang Dunia II berkecamuk, dianugerahi gelar pahlawan di kota Leiden.


Irawan Soejono, pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Leiden, Belanda, pada masa Perang Dunia II, dianugerahi gelar pahlawan di kota Leiden. Irawan tewas ditembak oleh tentara Nazi Jerman pada Januari 1945.

Mengutip keterangan resmi yang dirilis Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leiden, acara penganugerahan dihadiri Wali Kota Leiden, Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, dan Ketua PPI Leiden Ghamal Satya Mohammad.

Jalan Irawan Soejono | kabarterpilih.com
info gambar

Acara yang dihelat pada 4 Mei 2016 tersebut sekaligus memperingati korban Perang Dunia II yang dikenal dengan peringatan Dodenherdenking.

"Pemerintah Kota Leiden, Belanda, menganugerahkan gelar pahlawan kebebasan kepada Irawan Soejono (1920-1945). Gelar tersebut diberikan oleh Wali Kota Leiden di Pieterskerk pada Rabu, 4 Mei silam atau 71 tahun setelah gugurnya beliau," tulis PPI Leiden.

Irawan pada saat itu merupakan anggota Perhimpunan Indonesia (PI), yang kini menjadi PPI Leiden. Ia turut berjuang melawan Nazi Jerman setelah menyadari bahaya fasisme bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Menurut Irawan kala itu, akan lebih mudah memerdekakan Indonesia dari kolonialisme Belanda ketimbang Nazi Jerman.

Namun, perjuangan Irawan terhenti saat timah panas pasukan Nazi Jerman menembus kepalanya pada sebuah razia. Ia pun tewas pada usia muda.

(Kompas.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini