Lupa Sandi?

Mengenal Sekolah Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan di Semarang

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
0 Komentar
Mengenal Sekolah Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan di Semarang

Di salah satu sudut Kabupaten Semarang tepatnya di Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kecamatan Getasan terdapat sebuah sekolah yakni SMK Tarunatama yang dijuluki sebagai “Renewable Energy and Eco Friendly School” atau Sekolah Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan.

Energi terbarukan yang dimaksud adalah energi yang disediakan oleh alam secara melimpah, mudah dikelola serta dapat diperoleh secara cuma-cuma. Beberapa contoh bentuk energi terbarukan, adalah: energi yang berasal dari angin, air, ombak, panas bumi, biomassa, biofuel, sinar matahari, dan lain sebagainya

“SMK Tarunatama terpanggil untuk turut ambil bagian dalam hal mengkampanyekan secara positif dan terus-menerus pentingnya pemanfaatan energi terbarukan dan ramah lingkungan demi mengurangi dampak perusakan lingkungan. Selain itu, SMK Tarunatama juga sadar dan bertanggung-jawab terhadap peningkatan kompetensi dan keterampilan bagi para guru, tenaga kependidikan dan para siswanya, bahkan masyarakat sekitar serta berbagai pihak terkait untuk dapat mengembangkan, menemukan, serta menciptakan penemuan-penemuan dan karya-karya yang mengarah kepada rekayasa teknologi tepat guna demi menjaga dan melestarikan alam. Sebagai langkah awal, SMK Tarunatama mengembangkan potensi energi yang berasal dari sinar matahari dan pada gilirannya nanti akan diikuti oleh pemanfaatan sumber energi lainnya sehingga kesemuanya dapat dipergunakan secara bijaksana”, ujar Dhama Ady Saputra, Kepala SMK Tarunatama.

Saat ini para siswa SMK Tarunatama didampingi oleh beberapa guru berhasil merakit dan mengembangkan penggunaan teknologi tenaga surya / solar cell yang dikombinasikan degan motor listrik, sepeda listrik, lampu penerangan jalan, dan lampu hemat energi.

SMK Tarunatama menggunakan sepuluh panel surya yang masing-masing dapat menghasilkan daya sebesar seratus watt. Total daya yang dapat dihasilkan adalah 1200 watt. Daya ini digunakan sebagai penyuplai listrik bagi ruang guru, stop kontak untuk komputer / laptop dan beberapa titik lampu. Selain itu ada juga panel surya dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu sebesar duapuluh watt untuk menyuplai listrik bagi lampu penerangan jalan, motor listrik (STARMA MOTO) dan sepeda listrik (STARMA BIKE). Selain itu, siswa dan guru kami memperbaiki lampu-lampu lama yang sudah mati / tidak dapat digunakan menjadi lampu hemat energi (STARMA LAMP).

Melalui penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, SMK Tarunatama menjadi sekolah pertama dan satu-satunya di Kabupaten Semarang dan Jawa Tengah yang menyatakan diri sebagai “Renewable Energy and Eco Friendly School”.

“Besar harapan kami agar kreativitas dan hasil karya yang positif ini akan terus dikembangkan, sehingga dapat diteladani dan diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain,” tutup Ngesti Nugraha, Wakil Bupati Semarang yang turut hadir dalam kesempatan peresmian SMK Tarunatama sebagai “Renewable Energy and Eco Friendly School” atau Sekolah Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan.

 
Sumber Gambar Sampul : http://www.elkharttruth.com/ 

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas