Ini Dia Deretan Prestasi Internasional Surabaya Yang Bikin Makin Bangga

Ini Dia Deretan Prestasi Internasional Surabaya Yang Bikin Makin Bangga
info gambar utama

Apa yang terbayang ketika anda mendengar kata "Surabaya"?. Kota terbesar kedua di Indonesia, Kota pahlawan, Kandang bonek?.

Ya, banyaknya julukan yang dimiliki kota Surabaya tak lepas dari banyaknya penghargaan yang di raih kota ini. Atas usaha yang dilakukan pemerintah kota bersama warganya, Surabaya telah tumbuh menjadi kota yang sejajar dengan kota-kota di dunia maju lainnya.

Puluhan bahkan mungkin sudah ratusan prestasi telah ditorehkan, baik di level regional, nasional hingga internasional. Dan pastinya prestasi tersebut membuat bangga banyak pihak terutama warga dan pemerintah kota Surabaya.

Berikut adalah beberapa prestasi surabaya di level internasional yang membawanya menjadi kota berkelas dunia.

1. Penghargaan internasional untuk kampung-kampung di Kota Surabaya.

Japan Housing Associations-IYSH Matsushita Award (1988), UNEP Award (1990), UNCED Local Government Honour Programme (1992), dan The World Habitat Award (1992).

2. Aga Khan Award for Architecture

Diperoleh Kampung Donorejo-Donokerto, Surabaya yang mewakili Indonesia dalam buku Tipologi Permukiman Khas di Asia Pasifik oleh UNESCAP pada tahun 1984. Kemudian disusul Kampung Kebalen pada tahun 1986.

3. Penghargaan Citynet Kategori Kota Partisipasi Terbaik se-Asia Pasifik (2012)

Kota Surabaya mendapatkan penghargaan ini karena mampu mengajak "stakeholder" terlibat dalam pembangunan kota yang berkelanjutan.

Selain Surabaya, Yokohama menerima "City to City Award for Best Partner". Sedangkan Seoul Korsel mendapatkan "City to City for Tomorrow" dan Kota Mikita di Filipina menerima "City to City for Cooperation".

4. Asian Townscape Award (ATA) 2013 dari PBB

Salah satu taman di Kota Surabaya yakni Taman Bungkul meraih penghargaan Internasional dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berupa "The 2013 Asian Townscape Sector Award" yang diserahkan di Jepang pada 26 November 2013.

Penghargaan tersebut juga mendapat dukungan dari empat organisasi dunia yakni UN Habitat Regional Office for Asia and The Pacific, Asia Habitat Sociaety, Asia Townscape Design Society dan Fukuoka Asia Urban Research Center.

Taman Bungkul menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang meraih penghargaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Taman ini dinilai layak mendapat penghargaan karena memiliki fungsi sosial, budaya, rekreasi, dan pendidikan. Selain itu taman Bungkul juga dilengkapi berbagai sarana pendukung, seperti jogging track, taman bermain anak, akses Internet nirkabel, amfiteater, dan arena skateboard.


5. Penghargaan Future Gov Award 2013

Kota Surabaya terbukti mampu mengungguli kota-kota besar dan negara maju lainnya dengan menorehkan prestasi di tingkat Asia-Pasifik melalui ajang penghargaan Future Gov Awards 2013.

Pemkot Surabaya meraih gelar di dua kategori yaitu, Data Center dan Data Inclusion. Kategori Data Center diraih melalui Media Center Pemerintah Kota Surabaya, sedangkan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC).

6. Socrates Award (2014) kategori City of The Future

Socrates Award merupakan acara bergengsi yang diprakarsai oleh Europe Business Assembly (EBA). Ia adalah perusahaan independent di Inggris yang memberi perhatian pada pengembangan ekonomi, sosial dan budaya. Surabaya memenangkan kategori City of The Future atau kota masa depan. Penghargaan ini mengapresiasi manajemen Kota Surabaya yang mengalami banyak kemajuan.

Untuk melihat lebih detail mengenai apa saja penghargaan yang pernah diraih kota Surabaya dari prestasi kelas regional hingga internasional dapat anda lihat secara detail di websitem pemkot Surabaya.


Sumber Gambar Sampul : panoramio.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini