Lupa Sandi?

Pianis Cilik Asal Ende, Bakal Berlaga dalam Festival Internasional di California

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Pianis Cilik Asal Ende, Bakal Berlaga dalam Festival Internasional di California

Pianis cilik asal Indonesia yang mendunia ternyata tidak hanya Joey Alexander. Ada satu pianis cilik lain yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dia bernama Canho, seorang pianis berumur 11 tahun yang akan tampil dalam festival musik tingkat dunia, World Championship of Performing Arts (WCOPA) di California, Amerika Serikat. Canho akan bersaing dengan 54 pianis muda lainnya dari berbagai negara. 

Seperti dilansir Liputan6.com anak bangsa asal Ende bernama lengkap Yohanes de Capsetrano Jambru Pasirua itu bakal berkompetisi instrumen untuk tingkat remaja. Dirinya bakal menampilkan kemahirannya bermain piano pada 6-17 Juli 2016 mendatang dengan lima jenis musik yakni tradisional, revolutionary, jazz, kontemporer dan klasik. 

Perjuangan Canho nanti diperkirakan tidaklah mudah, sebab bocah kelahiran November 2004 tersebut akan bersaing dengan pianis lainnya dari negara-negara yang memang memiliki budaya bermain musik piano. Seperti Amerika, ataupun negara-negara Eropa. Itulah mengapa jelang keberangkatan, Canho terus melakukan latihan piano yang intensif.

"Jalan satu-satunya ia berlatih setiap hari, jika dulu berlatih tiga jam setiap hari kini jadi 5-6 jam per hari. Jadi sesudah pulang sekolah, ia istirahat kemudian latihan. Nanti pada malamnya ia belajar pelajaran sekolah," tutur ayah Canho, Kristoforus Jambru, Minggu (15/5/2016).

Baca Juga

Selain itu, Canho pun sudah melakukan konser uji coba tampil memainkan lagu yang nanti akan dipertunjukannya di Amerika Serikat. Canho pun tak sabar untuk tampil dalam ajang perlombaan pertamanya yang langsung bertaraf internasional.

Baca juga: Pianis Bali, Peraih Nominasi Grammy Termuda Sepanjang Masa

Seperti dikutip dari Koepang.com, bahwa tanda-tanda kemahiran Canho telah diperhatikan sang ayah sejak lama. Selepas tinggal di Kupang dan kembali ke Ende sang ayah terus menumbuhkan semangat bermain musik pada anaknya. Di sela-sela kesibukannya sebagai pegawai Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten, Sang Ayah membuka lembaga kursus musik bernama Affrettando Music Course.

Bocah yang kini duduk di kelas 5 SD Katolik Santa Ursula Ende itu belajar musik secara profesional melalui lembaga kursus ketika menginjak usia 3 tahun (November 2007). Sejak menjadi siswa di Affrettando Music Course, Canho telah mengikuti berbagai ajang konser yang diselenggarakan di Ende dan Maumere. Bahkan kini tidak kurang dari 30 lagu piano klasik dengan masing-masing lagu berdurasi 12 menit berhasil dia mainkan dengan baik.

“Saat ia masih tiga tahun dia memiliki rasa tertarik terhadap musik. Saat itu ia hanya bermain piano dengan santai. Namun saat sudah berusia lima tahun lagu-lagu yang diajari itu dari lagu dasar buku latihan piano, lagunya dalam kurikulum Amerika,” tutur Kris

Kris mengaku, bahwa Canho cukup gelisah menjelang keberangkatan. Sebab anaknya tersebut sudah tidak sabar untuk berangkat ke Long Beach, California.

Semoga sukses ya Canho.

Sumber : Liputan6.com ; Koepang.com
Sumber Gambar Sampul :Koepang.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Pencerita yang tiada habisnya. Mencari makna untuk cipta karya. Pembelajar yang kerap lapar. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas