Lupa Sandi?

10 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Masa, 3 dari Indonesia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
10 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Masa, 3 dari Indonesia
10 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Masa, 3 dari Indonesia

BULUTANGKIS merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Cabang olahraga yang minimal dimainkan oleh dua orang ini juga termasuk salah satu cabang yang dimainkan di Olimpiade.

Polularitas bulutangkis semakin meningkat usai Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kerap menyelenggarakan kompetisi-kompetisi internasional di berbagai negara. Pada kompetisi tersebut, para pebulutangkis dunia tidak hanya memperebutkan hadiah berupa uang, tetapi juga poin yang menjadi penentu posisi di peringkat dunia.

Berikut adalah 10 nama pebulutangkis seperti dilansir dari Sportsmuntara. Ke-10 bulutangkis tersebut berhasil mempertahankan diri sebagai pebulutangkis ternama sepanjang sejarah. Tiga diantara 10 pebulutangkis tersebut ternyata terdapat pebulutangkis kebanggaan Tanah Air:

Caption (Sumber Gambar)

Baca Juga

1.Lin Dan (China)

Pebulutangkis asal China ini disebut-sebut sebagai pebulutangkis terbaik dunia. Hingga saat ini Super Dan –julukan Lin Dan- masih aktif di dunia bulutangkis dan kerap ikut serta dalam kompetisi-kompetisi bulutangkis internasional. Selama berkarier di dunia bulutangkis, Lin Dan berhasil membukukan beberapa medali, seperti lima medali emas dan dua medali perak di World Championships, dua medali emas di ajang Badminton World Cup, lima medali emas dan dua medali perunggu di gelaran Thomas Cup, tiga medali emas Asian Games, tiga medali emas di Asian Championships, dan gelar juara Hong Kong East Asian Games 2009. Pria asal Negeri Tirai Bambu ini juga mencatatkan sejarah dengan dua kali memboyong medali emas di Olimpiade.

Caption (Sumber Gambar)

2.Taufik Hidayat (Indonesia)

Dunia bulutangkis memang tidak dapat dilepaskan dari nama pebulutangkis tungga putra andalan Tanah Air ini. Taufik dikenal sebagai rival abadi Lin Dan. Selama berkarier di dunia bulutangkis, Taufik berhasil membukukan beberapa prestasi, seperti satu medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu di ajang World Championships, tiga medali emas, satu perak, dan dua perunggu di Asian Games, dua medali emas, satu perak, dan tiga perunggu di ajang Thomas Cup, tiga medali emas, dua perak, dan satu peringgu di Asian Championships, dan dua medali emas di ajang Southesast Asian Games. Taufik juga telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade dengan membawa pulang gelar juara pada Olimpiade Athena 2004.

Caption (Sumber Gambar)

3.Gao Ling (China)

Selama berkarier di dunia bulutangkis, Ling selalu memperlihatkan konsistensi dan kekuatan. Perempuan asal China ini dikenal sebagai salah satu pemain tunggal dan ganda yang namanya tercatat di sejarah bulutangkis dunia. Ling berhasil mengantongi dua medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu di ajang Olimpiade 2000 dan 2004. Ia juga berhasil membukukan empat medali emas di ajang Badminton World Championship, lima medali emas di gelaran Uber Cup, tiga medali emas di ajang Sudirman Cup, dan satu medali emas di ajang Yiyang Badminton World Cup 2006. Liga juga tercatat pernah bermain di sektor ganda campuran dan ganda putrid. Bersama Huang Sui dan Zhang Jun, Ling berhasil memenangkan gelar juara Olympic Games. Sementara di sektor ganda putri, ia berhasil enam kali beruntun menyandang gelar juara All England.

Caption (Sumber Gambar)

4.Lee Chong Wei (Malaysia)

Pebulutangkis asal Malaysia ini berhasil menduduki peringkat satu dunia selama lebih dari setahun. Selama berkarier di dunia bulutangkis, Wei berhasil membukukan beberapa prestasi, seperti medali emas di ajang Asian Championships 2006, dua medali perak di ajang Olimpiade, tiga medali perunggu dan satu medali emas di Southeast Asian Games, satu medali perak dan tiga medali perunggu di ajang Thomas Cup.

Caption (Sumber Gambar)

5.Tony Gunawan (Indonesia)

Pebulutangkis asal Indonesia ini disebut-sebut sebagai salah satu pebulutangkis sektor ganda putra terbaik dalam sejarah. Ia memulai kariernya pada 1992 – 2001. Saat ini, Tony tengah menjadi pelatih di Amerika Serikat (AS) sejak 2001. Selama berkarier sebagai pebulutangkis professional, Tony berhasil membukukan beberapa prestasi, seperti medali emas di ajang Olimpiade 2000, Seville World Championships 2001, dan World Championships 2005. Tony juga berhasil menjuarai ajang US Open, Taipei Open, Puerto Rico Open, dan SCBA Classic. Sekira 35 gelar juara telah berhasil ia kantongi.

Caption (Sumber Gambar)

6.Rudy Hartono (Indonesia)

Rudy Hartono tidak hanya dikenal sebagai salah satu pebulutangkis terbaik di dunia, tetapi juga salah satu olahragawan legendaris dunia. Ia telah berhasil menyabet delapan gelar juara All-England. Selain itu, Rudy juga berhasil menyandang gelar juara di ajang BWF World Championships dan 2nd IBF World Championships pada 1980. Tak berhenti sampai di situ, ia berhasil menyabet empat medali emas dan dua medali perak di gelaran Thomas Cup, gelar juara di ajang Olimpiade Musim Panas Munich 1972.

 

 Caption (Sumber Gambar)

7.Li Lingwei (China)

Selama berkarier di dunia bulutangkis Lingwei telah dihujani berbagai gelar juara. Ia dikenal sebagai salah satu pebulutangkis yang memiliki permainan net yang apik. Bersama Han Aiping, Lingwei berhasil menyabet dua gelar juara IBF World Championships dan IBF World 1985 di nomor ganda. Selain itu, ia juga berhasil mengantongi tiga medali emas dan dua medali perak di ajang BWF World Championships. Tak hanya gemilang di sektor ganda, di nomor tunggal pun, Lingwei berhasil merebut gelar juara World Grand Prix.

Caption (Sumber Gambar)

8.Morten Frost Hansen (Denmark)

Hansen menghabiskan waktu 12 tahun di dunia bulutangkis. Dalam kurun waktu tersebut, pria asal Denmark ini berhasil mempertahankan posisi di tiga besar peringkat dunia. Mr Badminton –julukan Hanses- berhasil menyabet hampir memenangi semua ajang bulutangkis internasional kecuali World Badminton Championships. Di gelaran tersebut, Hansen hanya berhasil meraih dua medali perak.

Caption (Sumber Gambar)

9.Han Aiping (China)

Aiping merupakan tokoh bulutangkis fenomenal sekitar awal 80-an. Ia dikenal sebagai pebulutangkis wanita yang memiliki pulukan kuat dan tajam. Selama berkarier di dunia bulutangkis, Aiping berhasil mengantongi beberapa prestasi, seperti tiga medali emas dan tiga medali perak di ajang World Championships, dua medali emas di gelaran World Grand Priz, dan gelar juara di ajang Seoul Games 1986. Perempuan asal China ini berhasil mengantongi hampir semua gelar juara di kompetisi terbuka, seperti Japan Open, Hong Kong Open, Malaysia Open, dan China Open.

Caption (Sumber Gambar)

10.Peter Høeg Gade (Denmak)

Mantan pebulutangkis asal Denmark ini tercatat pernah menduduki peringkat pertama dunia sejak 1998 – 2001. Gade dikenal sebagai seorang pebulutangkis yang mampu bergerak cepat, konsisten, dan fleksibel dalam bergerak. Pria yang saat ini berprofesi sebagai pelatih bulutangkis itu berhasil mengantongi beberap prestasi, seperti lima gelar juara European Championships dan tiga medali emas di ajang European Team Championships. Selain itu, ia juga pernah meraih medali perak dan empat medali perunggu di World Championships 2001. Sebelum gantung raket, Gade berhasil mengantongi medali perunggu di ajang Thomas dan Uber Cup 2012.

 

(okezone.com)

 

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie