Robot Penyiram Tanaman Rancangan Siswa SMP Asal Surabaya Melaju ke APCYS India

Robot Penyiram Tanaman Rancangan Siswa SMP Asal Surabaya Melaju ke APCYS India
info gambar utama

Seorang siswa SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya, berhasil merancang robot penyiram tanaman otomatis yang diberi nama Al Azhar Plant Watering Automation. Robot rancangan Rafsi Azzam Hibatullah Albar tersebut berhasil meraih berbagai gelar juara. Bulan mendatang, robot tersebut akan diterbangkan ke New Delhi, India, dalam ajang Asia Pacific of Young Scientists (APCYS) 2016.

 Pelajar SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya yang merancang robot rescue memamerkan karyanya. Foto kanan, Rafsi Azzam Hibatullah Albar menunjukkan robot penyiram tanaman karyanya. (Jawa Pos)
info gambar

Robot yang mengunakan solar cell untuk menampung energi matahari tersebut bertujuan mengubah energi matahari yang ditangkap menjadi energi gerak. Dengan demikian, penggunaan listrik langsung dari PLN bisa dikurangi.

”Sehingga ke depan dapat lebih hemat,” ujar Rafsi.

Siswa kelas VIII tersebut mengungkapkan, papan solar cell yang digunakan memiliki dimensi 30 x 50 sentimeter. Selain itu, ia dapat menyerap energi matahari hingga 16 volt.


”Padahal, untuk menyiram tanaman, hanya dibutuhkan tenaga 12 volt,” tambah Rafsi.


Penyiram tanaman otomatis itu menggunakan microcontroller. Fungsinya mengendalikan semua komponen yang terpasang di tubuh robot mini tersebut. Di dalam microcontroller itu dimasukkan data-data tanaman yang telah diprogram dan dipasangi sensor kelembapan serta sensor hujan.


Tidak hanya itu, SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya juga bersiap memberangkatkan anak didiknya ke ajang internasional lain. Tim perancang robot rescue, Inggita Nurmala Putri Wardhana, Abiyyuda Naufal, dan Anindita Pramesthi Putri Wardhana, melaju ke kejuaraan Robocup di Jerman pada Juni mendatang.

Sumber www.jawapos.com

Sumber Gambar https://favim.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini